Gamebox Gelar Rangkaian Webinar Pentingnya Bermain Board Game Di Keluarga

Gamebox Gelar Rangkaian Webinar Pentingnya Bermain Board Game Di Keluarga

Industri board game Indonesia saat ini sedang mengalami masa perkembangan. Selain semakin banyak dimainkan oleh masyarakat Indonesia, board game juga mulai banyak dilirk oleh institusi pendidikan dan keluarga sebagai media edukasi. Apalagi board game hadir dengan berbagai macam topik materi edukasi, yang menarik dan menyenangkan ketika dimainkan.

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga pun menjadi salah satu kampus di Indonesia yang turut menggalakkan board game. Hal ini bisa dilihat dengan adanya acara Gamebox yang diusung oleh mahasiswa Komunitas Game Development, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKSW.

Baca juga: Cara Main UNO Selama Ini Ternyata Salah! Harusnya Begini

1. Pameran Board Game Karya Mahasiswa dan Dosen

Gamebox telah berjalan selama empat tahun dan telah dikenal sebagai pameran board game yang menampilkan produk hasil karya mahasiswa dan dosen Desain Komunikasi Visual FTI UKSW. Karya yang dipamerkan adalah hasil dari tugas mata kuliah, skripsi, penelitian atau riset, pengabdian masyarakat, komunitas, dan juga karya hasil kerjasama dengan berbagai pihak.

Karya yang dipamerkan terdiri dari 3 kategori, yaitu kategori prototipe awal (karya hasil perancangan), prototipe menengah (karya pengembangan lanjutan), dan prototype akhir (karya yang sudah siap masuk ke industri).

Gamebox terdahulu ,sebelum pandemi Covid-19 melanda, dilaksanakan secara offline di gedung Perpustakaan dan Pengarsipan Daerah Kota Salatiga, namun kini kondisi jelas berbeda dan terpaksa Gamebox 5.0 atau implementasi kelima ini diselenggarakan melalui secara daring melalui Zoom.

Gamebox workshop board game

2. Rangkaian Workshop dan Webinar Board Game

Gamebox 5.0 berlangsung dari tanggal 16 sampai 18 Juli 2021. Di hari pertama akan ada sesi pembukaan pada pukul 13:00 WIB oleh Bapak Andeka Rocky Tanaamah, Pembantu Rektor 3 UKSW. Lalu akan ada kata sambutan dari Ibu Septi Peni Wulandari, Founder Institute Ibu Professional dan School of Life Lebah Putih, Bapak Eko Nugroho dari Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) sekaligus Founder Kummara Game Design Studio. Juga dari Bapak Roy Wibisono selaku Ketua Komite Industri Kreatif Pemerintah Kota Salatiga.

Usai pembukaan, rangkaian acara selanjutnya dari Gamebox 5.0 adalah workshop bertajuk “Tabletop Game Design Class: Belajar Membuat Board Game Edukasi untuk Keluarga dan Pembelajaran” yang dimentori oleh Bapak Erwin Skripsiadi yang merupakan CEO dari penerbit board game Hompimpa Books & Games. Workshop ini dimulai pada pukul 13:30 WIB – 15:00 WIB pada hari Jumat, 16 Juli 2021.

Esok harinya, Sabtu, 17 Juli 2021, peserta akan mendapatkan materi webinar dari Ibu Septi Peni tentang “Boardgame, Sebagai Bonding Keluarga di Saat Pandemi”. Seminar ini berlangsung dari pukul 10:00 – 12:00 WIB.

webinar dilanjutkan kembali siangnya pada pukul 13:30 WIB dengan narasumber yang berbeda. Kali ini topiknya “Board Game itu Murah: 3 Trik Memilih Board Game yang Cocok dengan Harga Terjangkau” yang akan disampaikan oleh Vicky Belladino, Business Manager dari Boardgame.id.

Selain workshop dan seminar di atas, Gamebox 5.0 juga menyelenggarakan lomba menggambar karakter dengan tema sosialisasi protokol kesehatan dan pencegahan Covid tingkat Sekolah Dasar. 

3. Gratis, Siapapun Boleh Ikutan Gamebox 5.0

Acara Gamebox 5.0 bisa diikuti oleh siapa saja dan tidak menutup peserta hanya dari kalangan kampus UKSW saja. Acaranya pun gratis. Untuk bisa mengikuti sesi pembukaan, pembaca bisa bergabung ke Zoom dengan mengakses tautan berikut: https://bit.ly/3egnT3h

Khusus bagi pembaca yang tertarik untuk mengikuti workshop game design maupun seminar, diwajibkan untuk mendaftarkan diri melalui tautan ini: https://rb.gy/swvcdz

Wah, akhir pekan ini kita disambut acara seru. Jadi tunggu apa lagi yuk berkunjung ke Gamebox 5.0. Hubungi narahubung Gamebox 5.0 ke nomor-nomor berikut untuk informasi lebih lanjut atau jika ada yang ingin ditanyakan:

Sekar – 089514502759
Yohana – 082225303869
Richard – 088219092944

You may also like