Apa Sih Bedanya Games, Game-Based Learning dengan Gamification?

Apa Sih Bedanya Games, Game-Based Learning dengan Gamification?

Saking banyaknya game mulai board game, digital game maupun video game yang beredar, masyarakat rupanya masih banyak yang menganggap bahwa bermain game itu hanyalah sekedar pengisi waktu luang. Padahal selain menjadi pengusir stress dan menemanimu di waktu luang, lewat game kita bisa mendapatkan berbagai pelajaran di dalamnya. Tapi sebelum itu kita perlu ketahui dulu perbedaan antara games (permainan), game-based learning (pembelajaran berbasis game) dan gamification (gamifikasi).

Games sendiri adalah sebuah permainan yang di dalamnya memiliki aturan main dan objektif atau tujuan yang harus dicapai pemain. Sedangkan game-based learning memiliki tujuan untuk memberikan pelajaran yang dilakukan dengan gamification untuk menjadikan sebuah kegiatan memiliki sistematika atau karakteristik seperti game. Lalu apa lagi yang membedakan games, game-based learning dan gamification? Kamu bisa melihat langsung di Infografik dari Upside Learning berikut:

games, game based learning dan gamification
Infografik: upsidelearning.com

Baca juga: 5 Langkah Mengoptimalkan Metode Pembelajaran Berbasis Game (Game-Based Learning)

Menariknya, board game bisa dimanfaatkan sebagai media game-based learning. Temukan berita dan cerita-cerita menarik seputar game-based learning di halaman ini.

You may also like