Resep Main: Bermain Yathzee Untuk Ajarkan  Berhitung dan Probabilitas

Resep Main: Bermain Yathzee Untuk Ajarkan Berhitung dan Probabilitas

Resep Main adalah sebuah program dari Ludenara yang berupa panduan agar setiap orang bisa memanfaatkan berbagai game yang ada di sekitar kita sebagai media pembelajaran yang optimal. Resep Main juga disusun agar setiap orang yang membacanya bisa ikut mencoba dan mendapatkan manfaat baik dari game yang ada.

Sama seperti resep memasak, para ibu rumah tangga akan menggunakan bahan-bahan yang ada untuk dijadikan sebagai hidangan lezat menurut petunjuk resep yang ada. Begitu pula dengan Resep Main. Orang tua bisa memanfaatkan permainan yang ada di keluarga mereka untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang seru untuk anak dan keluarga.

Resep Main: Yahtzee

Yahtzee merupakan sebuah board game yang pada dasarnya hanya menggunakan komponen dadu. Ya! hanya bermodalkan 5 buah dadu, secarik kertas dan alat tulis. Permainan ini muncul pada tahun 1940 yang kemudian mulai diterbitkan oleh Milton Bradley (yang kini dibeli oleh Hasbro).

Hal yang sebenarnya menarik dari Yahtzee adalah bisa selalu membuat gregetan meski hanya bermain dengan mengguling-gulingkan dadu. Plus, jumlah pemainnya juga bisa tak terbatas setiap pemain yang ingin ikut serta cukup membawa pensil dan selembar kertas skor.

yahtzee

Secara singkat kurang lebih begini cara bermainnya:

  • Masing-masing pemain punya lembar skor berisi beraneka kriteria yang harus diisi setiap putarannya.
  • Pada gilirannya pemain melempar 5 dadu sekaligus.
  • Ia boleh memilih dadu yang angkanya ingin disimpan dan melempar ulang dadu lainnya yang tidak disimpan untuk mendapatkan angka yang diinginkan.
  • Lempar ulang bisa dilakukan maksimal 2x setelah lemparan pertama
  • Di akhir giliran pemain harus mencatatkan skor pada lembar skor jika hasil dadunya ada yang sesuai dengan kriteria.
  • Pemain harus mencatat skor 0 (nol) apabila pemain tidak bisa mencatatkan skor karena: A. hasil dadu tidak ada yang sesuai kriteria atau B. pemain sudah pernah mencatatkan skor pada kriteria tersebut.

Kriteria pada lembar skor yang dimaksud antara lain adalah Yahtzee (semua dadu angkanya sama), atau urutan kecil (4 dadu angkanya berurutan), urutan besar (5 dadu semua angkanya harus berurutan dan kriteria lainnya. Setiap kriteria juga memberikan poin tertentu. Tujuan permainan ini adalah mendapat poin terbanyak.

Lalu apa yang harus dilakukan agar Yahtzee bisa dijadikan sebagai media belajar yang baik? Berikut resepnya:

yahtzee jr.
  1. Meski bisa dibilang bisa menampung banyak pemain. Sebaiknya dimainkan tidak lebih dari 6 pemain karena akan lama menunggu giliran.
  2. Permainan ini bisa diduplikasi/dibuat sendiri dengan membuat dadu sendiri dari kertas atau karton. Lembar skor juga bisa dicari di internet.
  3. Ajak anak (rekomendasi usia 8 tahun) sebagai pemain, orang tua juga harus ikut main.
  4. Biarkan anak bermain asal, lempar-lempar dadu sesuai peraturan dasar. Selesai main coba orang tua jelaskan sedikit tentang teori probabilitas menggunakan dadu sebagai medianya.
  5. Ajak anak main ulang dengan orang tua mulai menjelaskan lagi tentang probabilitas saat anak mendapat giliran. Dengan cara memberitahu contoh kemungkinan yang terjadi jika anak lempar ulang dadu ini, atau dadu itu. Biarkan dia yang kemudian tetap memilih aksinya melempar ulang dadu yang mana untuk mengasah decision making.
  6. Bisa juga membuat lembar skor sendiri misalnya mencari angka 10, 15, 20, 25 dan 30. Dengan begitu anak juga harus sambil belajar berhitung (penjumlahan dan pengurangan). Karena jika hasil dadunya 23, anak harus memilih dadu yang dilempar ulang untuk mendapat 25 atau berkurang jadi 20 sambil mengingatkan kembali tentang probabilitas.
  7. Selesai main diskusikan apa yang paling seru waktu bermain tadi. Jika anak atau ada pemain yang merasa kesal/marah karena kalah beri pengertian dan semangat.

Kira-kira begitu Resep Main dari Yahtzee. Pembaca juga punya ide memanfaatkan board game atau permainan apapun yang ada di sekitar untuk dijadikan media pembelajaran yang seru? Unggah saja di Instagram dengan hashtag #ResepMain. Bisa kirimkan melalui email ke [email protected] atau [email protected].

Semua ide dari Resep Main akan dipublikasikan lewat Ludenara dan Boardgame.id. Mau membuat ide Resep Main dari board game Indonesia? Ada lebih dari 10 judul board game Indonesia yang bisa dibeli secara online di Boardgame.id. Kunjungi halaman katalog di bawah ini untuk pemesanan dan melihat daftar judul yang tersedia:

You may also like