Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Danau dan Ikan Pora-Pora [Bagian 1]

Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Danau dan Ikan Pora-Pora [Bagian 1]

Board game Aquatico dirancang bersama dengan Coral Triangle Center sebagai pakar konservasi kelautan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem agar terhindar dari bahaya pencemaran. Selain itu, permainan yang bisa dimainkan untuk 2-5 pemain dari usia 7 tahun ini mengkaji dan memperkenalkan ekosistem perairan yang ada di Indonesia seperti: laut dan air tawar, serta satwa yang hidup di dalamnya.

Baca juga: Yuk Kenalan Dengan Aquatico, Board Game yang Ajak Lestarikan Ekosistem Air

Salah satu ekosistem yang ada di dalamnya adalah Danau. Orang tua atau guru yang selesai memainkan Aquatico bersama putra putri ataupun siswa-siswinya bisa bercerita tentang danau. Bisa ceritakan danau itu apa, bagaimana terbentuknya, apa bedanya dengan laut dan seterusnya.

Orang tua tak perlu khawatir mencari informasi seputar danau karena di zaman sekarang sangat mudah didapat. Orang tua bahkan bisa bercerita sambil ‘googling’ bersama anak sambil memperlihatkan contoh-contohnya gambar danau atau mungkin bisa mencari videonya.

Danau juga merupakan sebuah habitat untuk beberapa makhluk hidup. Sebuah perpaduan antara kehidupan makhluk hidup dengan lingkungan danau yang disebut dengan ekosistem danau. Di Indonesia sendiri danau yang paling terkenal adalah Danau Toba yang terletak di pulau Sumatra, tepatnya Sumatra Utara.

Makhluk hidup yang tinggal di Danau Toba ada ikan yang unik lho! Mengapa unik? Karena pada tahun 2004 lalu, Presiden Republik Indonesia yang kelima, yaitu Ibu Megawati Soekarno Putri menabur benih ikan pora-pora. Seiring waktu, jumlah ikan tersebut menjadi banyak, sehingga hampir di seluruh bagian Danau Toba bisa dijumpai ikan pora-pora.

ikan pora-pora

Wah menarik ya! Hanya dari bermain Aquatico bisa menjelajah ke danau dan belajar tentangnya serta ikan pora-pora yang tinggal di sana. Bagi pembaca yang ingin memiliki dan ingin segera mencoba bermain Aquatico, pesan saja secara online di Boardgame.id.

Baca juga: Resep Main: Bermain Yathzee Untuk Ajarkan Berhitung dan Probabilitas

Ada diskon Rp50.000 lho sampai tanggal 19 April 2020 mendatang. Hubungi tim Boardgame.id melalui Whatsapp atau kunjungi halaman katalog untuk memesannya lewat Tokopedia ataupun Shopee. Tersedia juga board game Indonesia seru lainnya, yuk langsung kunjungi halaman katalog berikut:

You may also like