Resep Main Incan Gold, Belajar Mengenal Risiko & Berani Ambil Keputusan

Resep Main Incan Gold, Belajar Mengenal Risiko & Berani Ambil Keputusan

Resep Main adalah sebuah program dari Ludenara yang berupa panduan agar setiap orang bisa memanfaatkan berbagai game yang ada di sekitar kita sebagai media pembelajaran yang optimal. Resep Main juga disusun agar setiap orang yang membacanya bisa ikut mencoba dan mendapatkan manfaat baik dari game yang ada.

Sama seperti resep memasak, para ibu rumah tangga akan menggunakan bahan-bahan yang ada untuk dijadikan sebagai hidangan lezat menurut petunjuk resep yang ada. Begitu pula dengan Resep Main. Orang tua bisa memanfaatkan permainan yang ada di keluarga mereka untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang seru untuk anak dan keluarga.

Baca juga: Resep Main Yahtzee, Ajarkan Berhitung dan Probabilitas

Resep Main: Incan Gold atau Diamant

versi Incan Gold
Versi Incan Gold | Foto: Gryphon Eagle (publisher)

Incan Gold atau dikenal juga dengan judul Diamant pertama kali diterbitkan tahun 2005. Board game ini diciptakan oleh Bruno Faidutti (Citadels) dan Alan R. Moon (Ticket to Ride), dua perancang board game yang cukup ternama di industri board game dunia.

Salah satu alasan mengapa Incan Gold/Diamant ini seru dan menarik untuk digali sisi pembelajarannya karena permainannya sendiri sangat sederhana. Ibarat kalau menjelaskan aturan main ke para pemain tidak sampai tiga menit. Meski begitu sesi bermain yang dihasilkan biasanya riuh dan penuh tawa, apalagi permainan ini mendukung sampai 8 orang pemain.

Di sini para pemain adalah para pencari harta yang bersama-sama masuk ke sebuah reruntuhan tua. Dengan menggunakan mekanik utama push-your-luck, mereka harus kembali ke perkemahan sebelum menelusuri reruntuhan terlalu jauh atau mereka akan bertemu dengan mara bahaya dan kehilangan semua harta yang dibawanya.

Secara singkat begini alur cara bermainnya:

Box and Components
Versi Diamant | Foto: Fabio Lima (Boardgamegeek.com)
  1. Para pemain menentukan untuk melanjutkan penelusuran atau pulang ke perkemahan yang disimbolkan dengan kartu
  2. Setiap pemain memilih salah satu kartu tersebut secara tertutup.
  3. Setelah semua pemain menentukan pilihan dengan kartunya, semua kartu dibuka bersama-sama.
  4. Pemain yang pulang boleh membawa harta yang dikumpulkannya dan menyimpannya di dalam tendanya (atau kotak peti untuk seri Diamant)
  5. Pemain yang lain akan meneruskan perjalanan, lalu dibukalah kartu Harta.
  6. Kartu Harta ini berisi tentu saja harta, artifak dan lima jenis rintangan.
  7. Jika muncul kartu harta, salah satu pemain membagi rata hasil harta pada pemain yang belum memutuskan pulang sesuai dengan besaran angka yang muncul di kartu harta. Jika sisa harta tidak bisa dibagi rata maka harta tersebut disimpan di kartu (Misal yang belum ada tiga pemain, dan angka di kartu Harta adalah 7. Jadi ketiga pemain tersebut akan mendapat masing-masing 2 harta dan sisanya diletakkan di kartu Harta).
  8. Kini pemain yang masih tinggal mengulang langkah no. 1.

Jika pemain bertemu jenis rintangan dengan gambar yang sama dua kali, maka Ia terjebak dalam retuntuhan semua harta yang Ia kumpulkan pada ronde tersebut hangus). Sedangkan harta yang sudah dibawa pulang (dimasukkan ke tenda atau peti) aman dan akan dihitung di akhir permainan.

Ronde berakhir setelah semua pemain pulang dan/atau semua pemain terjebak. Permainan berlangsung selama 5 ronde. Pemain yang berhasil membawa harta paling banyak menjadi pemenang. Oiya, setiap artifak bernilai 5 poin.

Lalu apa yang harus dilakukan orang tua ataupun guru agar Incan Gold / Diamant bisa dijadikan sebagai media belajar yang baik? Berikut resepnya:

some cards
Kartu dengan border merah adalah kartu tantangan | Foto: Carsten Wesel (Boardgamegeek)
  1. Inti dari permainan adalah kapan pemain mengambil keputusan untuk pulang atau meneruskan pencarian harta dengan risiko pulang dengan tangan kosong karena bertemu dua kartu rintangan. Artinya, pemain harus bisa memahami keadaan.
  2. Dari situ orang tua/guru bisa menanyakan alasan dari keputusan yang diambil oleh anak atau peserta didik. Ajukan pertanyaan dasar seperti mengapa adek memilih melanjutkan perjalanan, atau mengapa memilih pulang. Dengan begitu orang tua/guru bisa belajar juga cara pikir anak-anak mereka.
  3. Jika keputusan anak tidak berdasar (mereka hanya asal pilih kartu), dari situ bisa dijelaskan sedikit tentang apa itu risiko.
  4. Lalu jelaskan hubungannya risiko dengan permainan. Jika sudah bertemu satu jenis rintangan, kemungkinan gagal masih dibilang kecil, namun jika sudah ada tiga atau empat jenis rintangan maka kesempatan terbuka jenis rintangan yang sama akan semakin besar. Jika nekat bisa jadi dapat untung lebih besar dengan risiko gagal yang juga besar.
  5. Setelah bermain bisa dijelaskan juga bentuk risiko dalam kehidupan nyata agar anak semakin mendapat gambaran.
  6. Tidak hanya tentang risiko dan keberanian dalam pengambilan keputusan, permainan ini juga bisa jadi sarana anak belajar berhitung atau pembagian (pembagian harta harus sama rata, ada sisa atau tidak).

Kira-kira begitu Resep Main dari Yahtzee. Pembaca juga punya ide memanfaatkan board game atau permainan apapun yang ada di sekitar untuk dijadikan media pembelajaran yang seru? Unggah saja di Instagram dengan hashtag #ResepMain. Bisa kirimkan melalui email ke [email protected] atau [email protected].

Semua ide dari Resep Main akan dipublikasikan lewat Ludenara dan Boardgame.id. Mau membuat ide Resep Main dari board game Indonesia? Ada lebih dari 10 judul board game Indonesia yang bisa dibeli secara online di Boardgame.id. Kunjungi halaman katalog di bawah ini untuk pemesanan dan melihat daftar judul yang tersedia:

You may also like