Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Lahan Basah dan Bekantan [Bagian 2]

Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Lahan Basah dan Bekantan [Bagian 2]

Board game Aquatico dirancang bersama dengan Coral Triangle Center sebagai pakar konservasi kelautan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem agar terhindar dari bahaya pencemaran. Selain itu, permainan yang bisa dimainkan untuk 2-5 pemain dari usia 7 tahun ini mengkaji dan memperkenalkan ekosistem perairan yang ada di Indonesia seperti: laut dan air tawar, serta satwa yang hidup di dalamnya.

Baca juga:Ā Bermain & Belajar Aquatico: Mengenal Danau dan Ikan Pora-Pora [Bagian 1]

Salah satu ekosistem yang ada di dalamnya adalah lahan basah atau wetlands. Orang tua atau guru yang selesai memainkan Aquatico bersama putra putri ataupun siswa-siswinya bisa bercerita tentang lahan basah. Bisa ceritakan tentang itu apa lahan basah, bagaimana terbentuknya, apa bedanya dengan rawa dan seterusnya.

Orang tua tak perlu khawatir mencari informasi seputar lahan basah dan Bekantan karena di zaman sekarang sangat mudah didapat. Orang tua bahkan bisa bercerita sambil ā€˜googlingā€™ bersama anak sambil memperlihatkan contoh gambarnya atau mungkin bisa langsung mencari videonya.

Belajar tentang lahan basah dan Bekantan

Lahan basah adalah wilayah daratan yang digenangi air atau memiliki kandungan air yang tinggi, baik permanen maupun musiman. Lahan ini bisa ada diĀ perairan tawar, payau maupun asin, proses pembentukannya bisa alami maupun buatan.

Air yang berada di dalam ekosistem lahan basah biasanya berupa air bersih. Di sana ada banyak keanekaragaman hayati, pangan, berbagaiĀ material, mengendalikan banjir, menyimpan cadangan air tanah, dan mitigasi perubahan iklim.

Salah satu satwa yang tinggal di lahan basah namun terancam punah adalah Bekantan. Satwa ini juga dijuluki Kera Belanda dan banyak ditemukan di Kalimantan. Bekantan bahkan sampai dijadikan maskot untuk Provinsi Kalimantan Selatan.

Mengenal Bekantan

Ciri khas dari Bekantan adalah hidungnya yang unik dan panjang dengan bagian muka tidak ditumbuhi oleh rambut. Ciri lainnya bisa diperhatikan juga dari perutnya yang buncit. Berat tubuh Bekantan jantan sekitar 16-22 kg, sementara betina berat tubuhnya sekitar 7-12 kg.

Wah menarik ya! Hanya dari bermain Aquatico bisa menjelajah ke lahan basah dan belajar tentangnya serta Bekantan yang hampir punah. Bagi pembaca yang ingin memiliki dan ingin segera mencoba bermain Aquatico, pesan saja secara online di Boardgame.id, hanya Rp240.000 saja.

Hubungi tim Boardgame.id melaluiĀ WhatsappĀ atau kunjungi halaman katalog di bawah ini untuk memesannya lewat Tokopedia ataupun Shopee. Tersedia juga board game Indonesia seru lainnya, yuk langsung kunjungi halaman katalog berikut:

You may also like