Gameschooling, Yuk Belajar Lewat Game di Sekolahnya Ludenara

Gameschooling, Yuk Belajar Lewat Game di Sekolahnya Ludenara

Belajar adalah aktivitas yang paling fleksibel karena bisa didapatkan dari tempat, sumber dan media apa saja. Termasuk belajar dari sebuah game. Setiap game juga memiliki cerita, tema, cara bermain dan objektif yang berbeda-beda. Pertanyaannya, bisa kah kamu mendapatkan ilmu yang bermanfaat hanya dari bermain game?

Bisa!

Ludenara, sebuah lembaga non-profit yang fokus pada pendidikan, baru saja mengenalkan program Gameschooling, atau bisa dibilang juga sebagai sekolah game. Gameschooling bisa diikuti oleh anak-anak dengan rentang usia 9-12 tahun.

Di sekolah ini, para siswa yang mendaftar akan diikutkan dalam sebuah pelajaran berdurasi 2 jam tiap kelasnya. Sedikit berbeda dengan pelajaran di kelas pada umumnya, di sini murid-murid akan belajar dengan game. Dengan kata lain, mereka akan diajak memainkan sebuah game sambil kemudian menjadikannya sumber ilmu baru.

Kelas Gameschooling yang pertama akan dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, 10-11 Juli 2019. Pada kelas pelajaran hari pertama, murid akan diajak mempelajari apa saja yang ada di dalam ekosistem perairan lewat sebuah board game Indonesia berjudul Aquatico.

Indonesia kaya akan budaya, adat, suku dan bahasa. Anak-anak juga diajak menggali lebih dalam tentang keanekaragaman budaya Indonesia dengan berkeliling Indonesia dalam board game The Festivals di hari kedua.

Untuk mengikuti dua hari kelas Gameschooling dikenakan biaya sebesar Rp180.000 atau Rp100.000 jika hanya mengikuti satu kelas saja. Pendaftaran dan informasi lainnya tentang Gameschooling bisa hubungi Novie di 0858-1448-8298.

Selain Aquatico dan The Festivals, masih ada banyak lho board game-board game asli Indonesia. Lebih lengkapnya cek di Katalog Board Game Indonesia.


Tentang Ludere Nusantara (Ludenara)

Ludenara memiliki misi mengedukasi publik terkait berbagai potensi game dan bagaimana bisa memanfaatkan game sebagai sebuah media pembelajaran sekaligus memotivasi berbagai bentuk perubahan positif.

Untuk mewujudkan tujuan di atas Ludenara fokus pada berbagai program peningkatan kapasitas bagi orang tua, guru, aktivis pendidikan, komunitas, serta berbagai pihak yang tertarik untuk memanfaatkan game dalam proses pembelajaran serta terlibat aktif untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Contact Person: Novie (+62 858-1448-8298)
Instargam: @ludenara
Website: www.ludenara.org

You may also like