Coral Triangle Center Sampaikan Pesan Konservasi Laut Lewat Board Game

Coral Triangle Center Sampaikan Pesan Konservasi Laut Lewat Board Game

Indonesia terdiri lebih 17.000 kepulauan yang dikelilingi oleh laut. Sama halnya dengan di darat, laut dan perairan juga memiliki ekosistem sendiri. Memperhatikan ekosistem di negara yang luas ini tentu tidak mudah. Namun bukan berarti tidak ada yang mau melakukannya. Coral Triangle Center (CTC) kemudian hadir sebagai yayasan yang fokus pada konservasi kelautan termasuk segala ragam hayati.

Tujuan didirikannya organisasi non profit ini adalah untuk menginspirasi dan mengajarkan masyarakat melalui pelatihan agar mau peduli dengan ekosistem perairan, termasuk di Indonesia yang menjadi jantung segitiga terumbu karang.

CTC: Perlu Kebersamaan Jaga Keindahan Terumbu Karang Indonesia ...
Rili Djohani, Executive Director Coral Triangle Center | Sumber: Cendana News

CTC juga membantu nelayan untuk mendapatkan tambahan penghasilan dengan mengumpulkan jaring yang menempel pada terumbu karang. Jaring tersebut lalu diekspor ke Eropa. Dengan begitu nelayan juga sambil belajar bahwa menjaga ekosistem terumbu karang juga bermanfaat tidak hanya untuk ikan namun juga keluarganya.

Dalam mengedukasi masyarakat, CTC telah mengkombinasikan pelatihannya dengan aktivitas-aktivitas seru salah satunya dengan menggunakan game. Game yang dimaksud beragam mulai dari game HP, Escape Room Game hingga board game.

“Dengan permainan yang menyenangkan, peserta akan dapat memahami masalah yang dihadapi laut kita dan solusi yang ada bisa kita lakukan bersama,” terang Rili Djohani, executive director dari Coral Triangle Center.

Beberapa game yang dikembangkan CTC antara lain Fishing Game yang mengajarkan tentang perikanan berkelanjutan. Ada dua mode permainan, yang pertama mode anak-anak di bawah 15 tahun. Mode ini mengajak anak menjadi nelayan untuk berebut ikan, lalu disusul dengan diskusi begitu ikan habis untuk mendengar pendapat mereka. Mode kedua untuk yang di atas 15 tahun jadi sedikit lebih kompleks, ada aturan ikan apa yang boleh ditangkap.

Board game Aquatico

Ada lagi Aquatico, yaitu board game yang memperkenalkan ragam hayati serta ragam ekosistem perairan di Indonesia yang perlu dilestarikan. CTC banyak membantu dalam supervisi konten yang kemudian permainannya diterbitkan oleh Manikmaya Games tahun 2017. Baru-baru ini Aquatico edisi kedua telah dicetak ulang dan sudah bisa didapatkan di Boardgame.id.

Baca juga: 5 Pesan Penting Yang Ingin Diajarkan Board Game Aquatico Pada Anak

Selain itu ada pula Trash Card yang mengajak pemain mengurutkan kartu sampah dari lamanya waktu mengurai sampah tersebut dan mengelompokkan jenis-jenisnya. Usai bermain, para pemain diajak diskusi dan menengok kembali fakta bahwa sampah-sampah yang dihasilkan manusia ternyata butuh waktu lama agar bisa terurai.

Keren ya! Lewat board game, Coral Triangle Center berupaya menyampaikan pesan untuk membawa perubahan yang lebih baik serta mengedukasi masyarakat agar mau peduli dengan ekosistem perairan di sekitarnya.

You may also like