Bermain Board Game SIAGA Bersama Siswa Sekolah Dampingan BAZNAS di Palu

Bermain Board Game SIAGA Bersama Siswa Sekolah Dampingan BAZNAS di Palu

Kamis, 19 Desember 2019 bertempat di MIS AL-Amin Wani, Kabupaten Donggala, Palu telah dilaksanakan sesi pembelajaran menggunakan board game SIAGA : Siap Tanggap Bencana bersama para siswa MIS Al Amin Wani oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Ludenara.

Baca juga: BAZNAS Ajak Warga Bandung Jalani Simulasi Tanggap Bencana Lewat Board Game

Permainan ini diikuti oleh siswa kelas 4, 5 dan 6 MIS Al Amin Wani. Tepatnya, pelatihan ini dilaksanakan di ruang kelas bantuan BAZNAS bersama Komite 60 Tahun Indonesia – Jepang. Board game yang dimainkan kepada adik-adik MIS dibuat semenarik mungkin dan disesuaikan dengan tingkat sekolah mereka, sehingga mereka dapat belajar sambil bermain tentang kebencanaan.

Sesi pembelajaran menggunakan permainan board game SIAGA di Palu | Foto: BAZNAS Indonesia

“Adik-adik, disini kalian akan dilatih menjadi tim tanggap bencana terbaik yang pernah ada. Sehingga nanti kalian akan banyak menyelamatkan masyarakat yang terdampak bencana” ungkap Aughya Shandriasti selaku fasilitator pelatihan hari itu.

Seusai bermain siswa diminta menggambar tas tanggap bencana yang berisikan peralatan yang harus mereka isi sendiri dengan barang-barang yang harus ada dan perlu dimasukkan ke dalam tas tanggap bencana. Sesi ditutup dengan mengajak para siswa memahami kartu-kartu yang ada dengan metode kuis. Kelompok yang benar menjawab akan mendapatkan hadiah dari fasilitator.

Anak-anak terlihat girang setelah mengikuti sesi pembelajaran menggunakan board game SIAGA | Foto: BAZNAS Indonesia

“Kami sering bermain game, namun permainan SIAGA ini berbeda dengan game yang kami mainkan hari ini. Game SIAGA ini memberikan kami banyak pelajaran yang belum kami dapatkan sebelumnya” ungkap Firli siswa kelas 4 MIS Al Amin Wani.

Baca juga: Board Game Tanggap Bencana dari BAZNAS Lahir dari Riset Langsung ke Lokasi Bencana

“Dengan adanya board game ini dan pelatihan yang langsung diberikan kepada para siswa diharapkan mereka benar-benar memahami tentang pentingnya mempersiapkan diri dan semua yang diperlukan sebelum terjadi bencana. Disamping itu mereka ditanamkan rasa peduli terhadap lingkungan dan sesamanya” tutup Suli Hendra selaku koordinator Pendidikan Pasca Bencana BAZNAS RI.

*Artikel di atas merupakan bagian seri artikel sponsor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

You may also like