Karena Corona! Beberapa Pameran Board Game Dunia Batal Diadakan Tahun Ini

Karena Corona! Beberapa Pameran Board Game Dunia Batal Diadakan Tahun Ini

Imbas dari pandemi Corona atau Covid-19 sampai juga ke industri board game. Salah satu yang paling terasa adalah terhambatnya perilisan judul baru dan pengirimannya. Banyak penerbit board game dunia harus mengundur jadwal rilis board game karena beberapa faktor seperti delay produksi, terutama yang memanfaatkan jasa percetakan di Tiongkok.

Kebanyakan penerbit board game juga memanfaatkan momen pameran untuk merilis judul-judul baru mereka. Pendekatan ini dilakukan dengan memanfaatkan atensi dan hilir mudik para pengunjung pameran untuk mengenalkan board game mereka yang fresh from the oven. Membuka banyak meja main untuk mendemonstrasikan keunikan permainan baru tersebut kemudian menjualnya secara langsung.

Sayangnya, hal di atas hampir mustahil dilakukan karena virus Corona masih berkeliaran. Terlebih lagi yang namanya pameran pasti ramai dengan manusia. Menerapkan protokol untuk jaga jarak pun tentu akan memakan effort yang lumayan berat. Alhasil, banyak pameran board game terbesar di dunia yang menunda pelaksanaannya.

Booth Indonesia ramai dikunjungi pengunjung, Essen SPIEL 2019

Sebut saja Essen SPIEL di Jerman, UK Games Expo di Inggris, atau Gen Con dan BGG Con kalau di Amerika. Mereka telah secara resmi mengumumkan untuk meniadakan atau lebih tepatnya menunda pelaksanaan pameran board game di tahun 2020 ini.

“Kami telah mengamati perkembangan nasional dan internasional yang sangat dinamis berkenaan dengan Covid-19 sangat dekat selama beberapa minggu dan bulan terakhir dan telah mengevaluasi semua kemungkinan untuk mengadakan SPIEL 2020”, jelas Dominique Metzler, Direktur Pelaksana Friedhelm Merz Verlag (pelaksana Essen SPIEL).

“Sayangnya, ini telah mengarah pada kesimpulan bahwa kami tidak akan dapat mengadakan SPIEL 2020 pada tanggal yang direncanakan karena kurangnya perencanaan keamanan. Persiapan yang baik dan solid tidak mungkin dilakukan dalam keadaan saat ini. Karena alasan ini dan setelah pertimbangan yang panjang, kami sampai pada hasil, yang tentunya sangat menyakitkan bagi semua orang, bahwa kami harus menunda SPIEL satu tahun.” lanjut ibu Metzler.

Pameran Daring

spiel ditunda karena corona

Meskipun begitu bukan berarti benar-benar tidak ada pameran board game. Panitia pelaksana pameran Essen SPIEL dan BGG Con mencoba terobosan baru. Mereka akan mencoba memindahkan pameran ke layar datar sehingga bisa dinikmati oleh siapapun dan di manapun selama kuota internet memadai.

Melalui situs resmi mereka, Essen SPIEL sendiri telah memberikan teaser tentang program SPIEL Digital yang akan dilangsungkan dari tanggal 22-25 Oktober 2020. Pameran berbasis daring ini akan menjadi tempat berdagangnya para penerbit dan kesempatan untuk mereka memamerkan produk baru pada khalayak luas sebelum liburan akhir tahun.

“Selain itu, kami sedang mengerjakan solusi yang memungkinkan penjualan. Didukung juga dengan program besar seperti panel, streaming langsung, dan banyak kegiatan lainnya juga direncanakan. Kami berharap dapat melihat Anda! Informasi lebih lanjut akan segera menyusul.” Tegas ibu Metzler.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang Essen SPIEL dan sejarahnya, atau wawancara eksklusif dengan para tokoh di industri board game dunia sewaktu Boardgame.id di sana tahun 2019.

Dapatkan juga beraneka judul board game Indonesia untuk dimainkan #dirumahaja bersama keluarga hanya di Boardgame.id. Bisa dipesan online lho! Kunjungi halaman katalog berikut untuk melihat daftar judul yang tersedia:

You may also like