Pameran Board Game Online, New Normal Ala Industri Board Game

Pameran Board Game Online, New Normal Ala Industri Board Game

Berkat pandemi Covid-19, sudah bisa dipastikan tahun 2020 ini tidak akan ada pameran board game. Otomatis para penyelenggara pameran juga tidak ingin mengambil risiko dan memilih untuk membatalkan atau menunda pelaksanaan pameran hingga tahun depan.

Pagelaran Board Game Online Online

Meskipun begitu bukan berarti benar-benar tidak ada pameran board game. Para penyelenggara pameran board game mengambil jalan lain, yaitu membawa pameran ke dunia maya. Maksudnya semua dilakukan dengan mengandalkan koneksi internet alias online atau bahasa Indonesianya daring.

Konsep ini bisa dibilang menjadi populer setelah Portal Games, penerbit board game asal Polandia, sekitar sebulan lalu menyelenggarakan PortalCon secara online. Ignacy Trzewiczek, presiden Portal Games, lewat monolognya di kanal Youtube Portal Games ingin membawa industri board game tetap hidup meski tidak bisa bertemu dan berinteraksi secara langsung.

Sebenarnya sudah ada beberapa yang menyelenggarakan acara seperti 24 jam main board game yang bisa disaksikan melalui layanan video streaming seperti Youtube atau Twitch. Namun menurut Ignacy, untuk menghadirkan sebuah pameran tidak cukup hanya menayangkan sesi main saja. Karenanya dalam sesi uji coba PortalCon Online pada 8-9 Mei lalu Ia menambahkan beberapa program kegiatan.

pameran board game online

Sesi streaming main board game tetap ada, tapi ada juga sesi turnamen online, sesi tebak gambar di mana para penonton diminta menebak judul game, hingga sesi ngobrol bareng dengan rekan sesama game designer. Semua berlangsung selama 20 jam.

Ignacy juga berpesan industri board game perlu beradaptasi dengan keadaan saat ini. Alhasil, beberapa minggu setelah video monolognya muncul di Youtube. Beberapa pameran board game kenamaan seperti Essen SPIEL di Jerman, UK Games Expo di Inggris, atau Gen Con dan BGG Con kalau di Amerika, mereka telah mengumumkan adanya jadwal pameran online.

Baca juga: Sejarah Essen SPIEL, Pameran Board Game Terbesar Awalnya Digelar di Sekolah

Acara paling dekat saat ini akan ada Virtual Gaming Con 2020 yang merupakan kolaborasi Dice Tower dengan Boardgamegeek. Menurut kabar, acara berlangsung selama 5 hari dari 24 Juni – 28 Juni 2020.

Bagaimana menurut pembaca terkait inisiasi pameran boardgame yang digelar secara online ini?

You may also like