Cetak Sendiri di Rumah: Rantai Makanan [CTRL+P]

Cetak Sendiri di Rumah: Rantai Makanan [CTRL+P]

Kembali lagi di segmen CTRL+P yang mana Boardgame.id akan merekomendasikan beberapa board game baru yang bisa pembaca cetak sendiri di rumah. Di kesempatan kali ini kami akan membagikan Rantai Makanan, sebuah board game yang dikembangkan oleh teman-teman dari Yayasan Ludenara.

Baca juga: Cetak Sendiri di Rumah: Jurasicco & Kingdom Maps [CTRL+P]

Belajar proses dan siklus rantai makanan

Permainan ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Nino yang sedang asyik mengamati sawah. Lho, memangnya ada hal seru apa di sawah?

Sebagai anak yang penuh dengan keingintahuan, Nino ingin mengamati bagaimana proses dan siklus rantai makanan yang ada di sawah dekat rumahnya. Rupanya di sana ada padi, belalang, katak, cacing dan sebagainya.

Cara bermainnya cukup sederhana dengan memanfaatkan mekanik push-your-luck. Setiap putaran, pemain yang mendapat giliran cukup membuka kartu dari tumpukan. Pemain boleh terus membuka kartu jika belum ketemu dengan kartu Wabah ataupun kartu Pemburu. Kalau ketemu gilirannya selesai.

rantai makanan

Jika dirasa puasa dengan kartu yang sudah terbuka, pemain boleh mengambilnya. Permainan berakhir jika kartu di tumpukan telah habis. Pemain tinggal mengikuti cara hitung skor yang tertera pada kartu Hitung Skor. Pemain dengan poin terbanyak tentu menjadi memenangnya.

Rantai Makanan versi print and play, bisa dimainkan untuk 2-4 pemain mulai usia 6 tahun ke atas dengan durasi 15-30 menit saja dalam sekali main. Unduh aturan dan cetak permainannya di: http://ludenara.org/belajar-main/

Awal mulanya, board game ini dikembangkan oleh sekelompok guru yang mengikuti Kelas Game Design dari Yayasan Ludenara. Rancangan permainannya mendapat suara terbanyak dari para peserta dan menjadi board game terfavorit. Versi print & play sedikit berbeda dengan versi cetaknya nanti. Cari tahu lebih banyak tentang board game versi originalnya di artikel berikut: Seru! Belajar Biologi Rantai Makanan Lewat Board Game

You may also like