Weekend Ini Di Rumah Aja, Ada Virtual Jakarta Tabletop Expo ’20

Weekend Ini Di Rumah Aja, Ada Virtual Jakarta Tabletop Expo ’20

  • Event
  • December 12, 2020
  • 352
  • 8 minutes read

Menjelang akhir tahun biasanya digelar sebuah event board game di kawasan Jakarta selama tiga hari berturut-turut. Bernama Jakarta Tabletop Expo (JTE), event ini sudah dua kali dilangsungkan yaitu pada tahun 2018 dan 2019. Harusnya di penghujung tahun ini Jakarta Tabletop Expo juga kembali hadir, tapi seperti yang kita tahu pandemi Covid-19 membubarkan semua agenda kita.

Tapi gara-gara pandemi bukan berarti JTE hilang begitu saja. JTE akan tetap ada hanya saja formatnya tidak lagi offline tetapi online atau virtual. Jadi Jakarta Tabletop Expo ’20 siap menemani para pecinta board game, card game dan Tabletop RPG di rumah akhir pekan ini dari tanggal 12-13 Desember 2020.

Baca juga: JTE ’19 Ajak Pengunjung Mall @ Alam Sutera Berbagi Keceriaan Lewat Board Game

Berhubung acaranya online dan virtual, pembaca yang ingin bergabung dan meramaikan acara diwajibkan untuk memiliki akun Discord dan memasang aplikasinya di PC/Laptop atau smartphone. Aplikasi Discord ini dipakai untuk komunikasi lisan, teks maupun pengumuman dari panitia.

Utamanya, JTE ’20 memiliki tiga agenda utama yang berlangsung dari pukul 10:00 – 22:00 WIB, yaitu Online Playday, Online Auction dan Online Tabletop RPG Session.

Online Playday

Kalau sebelum pandemi teman-teman datang ke tempat acara dan memilih meja untuk bermain, kali ini main board gamenya pindah ke layar laptop/PC. Ada tiga platform yang difokuskan panitia untuk mabar, yaitu Boardgamearena.com, Tabletopia dan Tabletop Simulator. Khusus untuk Tabletop Simulator, pembaca harus membeli softwarenya melalui Steam seharga Rp135.000 untuk satu akun atau Rp389.000 agar bisa dibagikan ke empat akun berbeda.

JTE ’20 tidak menarik uang sepeserpun bagi pembaca yang ingin ikut bergabung dan bermain board game online. Cukup akses grup Discord Jakarta Tabletop Expo ’20 melalui tautan berikut: http://bit.ly/jte20. Jika sudah berkumpul di Discord, kamu bisa saling janjian mau main board game apa dan menggunakan platform apa dengan teman-teman lainnya.

Online Auction

Ingin mendapatkan board game bekas dengan harga miring? Bersiaplah karena Jakarta Tabletop Expo ’20 akan menggelar lelang online. Tentu saja platform komunikasi yang digunakan masih dengan Discord.

Lalu ada board game apa saja yang akan dilelang? Ada Stone Age, Lovecraft Letter, DiXit dan masih banyak lagi. Selengkapnya kamu harus mengeceknya langsung di akun Instagram @jakartatabletopexpo karena ada sangat banyak kalau harus disebutkan satu per satu di sini. Jangan lupa refresh saat mantengin akun mereka karena siapa tau ada barang lelang lainnya yang baru dimasukkan.

Online Tabletop RPG Session

Bagi pembaca yang belum tahu, Tabletop RPG adalah permainan peran di mana pemain akan bermain menjadi tokoh atau karakter lain, memerankan karakter tersebut mengikuti alur cerita yang akan diberikan dan dipandu oleh sang Game Master. Di sinilah kamu bisa bebas untuk menjadi kurcaci, elf, manusia setengah naga dan lainnya.

Ada banyak sesi Tabletop RPG yang akan dibuka, total ada 7 sesi yang pada dasarnya akan mengambil cerita dari Dungeons & Dragons dan juga Pathfinder. Biasanya ketika bermain Tabletop RPG ceritanya akan terus bersambung sampai tamat dan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tapi di event JTE ’20 semuanya sudah disiapkan untuk one-shot, atau cerita sekali tamat jadi sangat cocok untuk pembaca atau pemula yang ingin belajar dan menjajal serunya bermain cerita dan bermain peran lewat Tabletop RPG.

Pembaca bisa memilih cerita yang diinginkan untuk diikuti. Informasi setiap cerita bisa didapatkan di sini: http://bit.ly/trpgdetails
Setelah menentukan cerita mana yang sekiranya seru untuk pembaca ikuti, lakukan pendaftaran melalui tautan berikut: http://bit.ly/trpgreg
Khusus untuk pendaftaran Tabletop RPG akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp30.000 per orang.

Wah sepertinya akhir pekan kali ini akan sibuk ya! Jangan lupa untuk screenshot keseruan teman-teman saat bermain dan unggah ke Instagram baik story atau post, lalu tag/mention @boardgame.id dan juga @jakartatabletopexpo.

Ada pertanyaan? Silakan hubungi 081291419100 (Olivia). Selamat bermain dan bersenang-senang.

You may also like