Bosan? Mainkan Boardgame Gratis di 8 Situs ini!

Bosan? Mainkan Boardgame Gratis di 8 Situs ini!

Saat ini mungkin kamu sudah sangat merindukan untuk berkumpul dan main boardgame bersama teman-temanmu. Namun karena pembatasan-pembatasan yang terjadi, mungkin kamu masih perlu bersabar sedikit lagi untuk bisa berkumpul secara fisik. Tapi kamu nggak perlu menunggu untuk bisa main boardgame bareng loh, karena kamu tetap bisa bermain boardgame secara online melalui situs-situs berikut ini :

1. BOARDGAMEARENA

Salah satu interface game di boardgamearena, La Granja.

Mungkin adalah situs yang paling popular untuk bermain boardgame secara online. Koleksi boardgamenya cukup banyak dan interface nya terbilang sangat bagus dibanding portal lainnya. Semua rules dan perhitungan di boardgamearena diotomatisasi sehingga total waktu bermain biasanya jauh lebih sebentar dibandingkan ketika kita memainkannya secara fisik. Kamu juga bisa menjadi premium member untuk bisa mendapatkan akses ke gim-gim yang lebih banyak. Gim-gim yang popular di boardgamearena diantaranya :

Casual Games : Coloretto, For Sale, Can’t Stop, Incan Gold, 6 Nimmt, Sushi Go
Family Games : Takenoko, Carcassonne, Kingdomino, Colt Express, Stone Age
Strategy Games : Terra Mystica, Clans of Caledonia, La Granja, Tzolkin, Madeira

Kunjungi Boardgamearena di sini

2. TABLETOPIA

Tabletopia, simulator boardgame yang memiliki lebih dari 900 boardgame

Tabletopia adalah portal boardgame online yang bersifat simulator. Gim-gim dalam tabletopia tidak diotomatisasi sehingga kita perlu membaca rule dan berinteraksi secara manual dengan tiap komponen game seperti halnya kita bermain secara fisik. Tabletopia memiliki lebih dari 900 koleksi boardgame yang bisa dimainkan termasuk gim-gim baru dan populer, dimana sebagian diantaranya memerlukan akses berbayar untuk bisa memainkannya. Gim yang popular di Tabletopia diantaranya:

Family Games : Keltis, Marrakech, Santorini, Survive, Wingspan
Strategy Games : Scythe, Raiders of the North Sea, Orleans, Lisboa, Teotihuacan

Kunjungi Tabletopia di sini

3. YUCATA

Boardgame buatan Alexander Pfister, Port Royal di Yucata

Yucata adalah salah satu oasis untuk penggemar gim-gim euro. Koleksi gim strategi nya lumayan banyak, meskipun ada juga gim-gim casual. Secara tampilan, Yucata cenderung agak jadul dengan interface yang kadang membingungkan sehingga perlu pembiasaan saat kali pertama bermain. Namun setelah satu-dua permainan, biasanya kita sudah cukup familiar dan bisa bermain secara lancar. Gim yang popular di Yucata diantaranya :

Family Games : Port Royal, Imhotep, Jaipur, Cacao
Strategy Games : Rajas of the Ganges, Russian Railroad, Voyages of Marco Polo, Castle of Burgundy

Kunjungi Yucata di sini

4. BOITEAJEUX

Pengan main Dungeon Petz? Bisa di Boiteajeux!

Boiteajeux adalah portal boardgame online dari Perancis yang memiliki koleksi boardgame yang tidak dimiliki oleh portal lainnya. Meskipun dari Perancis, namun kamu tidak perlu khawatir karena tersedia opsi berbahasa inggris di dalamnya. Secara visual, tampilannya mirip dengan Yucata dengan interface yang juga mirip. Beberapa gim yang popular di Boiteajeux diantaranya :

Family Games : Alhambra, Dixit, Torres
Strategy Games : Dungeon Pets, Agricola, Concordia, Kanban, Trajan

Kunjungi Boiteajeux di sini

5. BRETTSPIELWELT

Die Crew, salah satu hotness essen 2019 bisa dimainkan di Brettspielwelt

Berasal dari Jerman, dulunya kita perlu menginstall aplikasi untuk bermain di Brettspielwelt. Namun saat ini seluruh gimnya sudah ditransformasikan dalam bentuk aplikasi web. Brettspielwelt punya komunitas yang cukup besar, meskipun kebanyakan German speaking. Meskipun ada opsi berbahasa inggris, namun masih ada bagian-bagian yang berbahasa Jerman. Meski begitu, portal ini adalah salah satu favorit penulis karena pilihan gamenya. Beberapa gim yang popular diantaranya :

Family Games : Die Crew, Linko / Abluxxen, Kingsburg, That’s Life / Verflixxt
Strategy Games : Hadara, Bruges, Power Grid, Caylus

Kunjungi Brettspielwelt di sini

6. HAPPY MEEPLE

Hanamikoji bisa dimainkan di happy meeple

Happy Meeple menyediakan gim-gim 2 player dengan opsi solo melawan bot. Meskipun pilihan gimnya tidak sebesar dan sebanyak portal gim online lainnya, kamu bisa mengisi waktu luang di Happy Meeple dengan bermain melawan bot. Gim-gim yang popular diantaranya :

Casual Games : Lost Cities, Hanamikoji, Circle the Wagons

Kunjungi Happy Meeple di sini

7. BOARDGAME CORE

Suka Food Chain Magnate guys?

Pengen main Food Chain Magnate? Fear not! Boardgame Core adalah situs boardgame yang menyediakan hanya beberapa gim saja, dan salah satu diantaranya adalah heavy eurogame yang popular, Food Chain Magnate. Kalau kalian penasaran dengan gim yang harganya cukup mahal ini, kalian bisa langsung menuju ke situsnnya

Heavy Eurogames : Antiquity, Wir Sind Das Folk!, Food Chain Magnate, The Great Zimbabwe

Kunjungi Boardgame Core di sini

8. MATTLE ONLINE

Azul bisa dimainkan di Mattle Online

Portal terakhir, Mattle Online adalah unofficial portal yang memiliki beberapa pilihan gim saja. Gim yang ditampilkan dalam Mattle Online juga tidak memiliki artwork sebagaimana gim aslinya karena sifatnya yang unofficial. Meski begitu, beberapa gim baru bisa dimainkan di portal ini saja loh. Gim yang ada di Mattle Online diantaranya :

Casual Games : Azul, 7 Wonders Duel, Splendor, Century : Spice Road

Kunjungi Mattle Online di sini

Demikian 8 portal boardgame online yang dapat kamu gunakan untuk mengisi waktu selama #dirumahaja. Masih bosan? atau mungkin kamu lebih suka escape rooms game? kamu bisa melihat daftar lainnya di sini.

You may also like