Lelang Board Game Catan 10th Anniversary Edition, Mulai Dari Rp100.000

Lelang Board Game Catan 10th Anniversary Edition, Mulai Dari Rp100.000

Catan, sebuah board game populer buatan Klaus Teuber yang pertama kali dirilis tahun 1995. Kala itu, masih dengan nama Settlers of Catan berhasil mengubah pandangan masyarakat terhadap board game. Hingga kini Catan telah berhasil terjual hingga lebih dari 30 juta kopi dalam berbagai bahasa.

Saking fenomenalnya sampai-sampai board game yang dijuluki “Monopoly Killer” oleh Wired.com mendapatkan penghargaan Spiel des Jahres 1995 (board game tahunan terbaik). Imbasnya, Catan ludes terjual hingga 400 ribu copy di pameran board game internasional Essen SPIEL di tahun yang sama dengan perilisannya. Beruntung Boardgame.id sempat mendapatkan Catan 10th Anniversary Edition yang artinya dirilis pada tahun 2005, bertepatan dengan 10 tahun Catan terbit ke pasaran.

Baca juga: Lelang Board Game Bekas Mulai dari Rp100.000 [Aturan dan Jadwal]

Board game ini menantang pemain 3-4 pemain untuk membangun peradaban di pulau Catan yang merupakan tanah antah berantah. Pemain memulai dengan memiliki dua pemukiman (settlement), masing-masing pemukiman bernilai satu poin. Sedangkan tujuan permainan adalah mendapatkan 10 poin.

Poin tersebut bisa diraih pemain dengan membuat pemukiman baru atau mengubah pemukiman menjadi perkotaan (city) yang bernilai 2 poin. Ada banyak cara lain untuk mendapatkan poin seperti membuat rute jalan terpanjang, memiliki pasukan paling banyak dan dari kartu-kartu pembangunan.

Belajar negosiasi untuk bertukar sumber daya

Menurut Boardgame.id, hal yang membuat Catan populer dan menarik adalah adanya mekanik barter (bertukar barang) yang kental dengan unsur negosiasi (tawar-menawar). Tampilan juga identik dengan keping-keping wilayah berbentuk heksagon. Setiap wilayah menghasilkan sumber daya sesuai jenisnya: Gunung > Batu, Ladang > Padi, Rumput > Domba, Hutan > Kayu dan Lembah > Bata.

Permainannya sendiri berlangsung dengan pemain melempar dua dadu, lalu para pemain yang memiliki pemukiman atau kota yang menempel dengan wilayah yang sesuai angka dadu boleh mengambil sumber daya. Misal dadu yang keluar adalah angka 10 yang terletak di Hutan, maka pemain dengan pemukiman/kota yang menempel pada Hutan angka 10 akan mendapatkan Kayu.

Berhubung dadu, bisa saja keberuntungan berkata lain dan pemukiman yang bersebelahan dengan angka 3 (misalnya) jarang keluar alias tidak menghasilkan sumber daya apapun. Nah! dengan mekanik barter dan negosiasi pemain boleh saling menawarkan sumber daya yang dimilikinya dengan sumber daya yang dimiliki pemain lain.

“Tukar tiga padi saya dengan dua domba-mu” kurang lebih seperti itu.

Pada kesempatan ini Boardgame.id akan melelang Catan 10th Anniversary Edition mulai dari harga Rp100.000 di Instagram @boardgame.id dari tanggal 17 Mei 2020 pukul 12:00 WIB sampai 18 Mei 2020 pukul 19:00 WIB.

Apa sih bedanya edisi ulang tahun ke-10 ini dengan edisi biasa?

Pertama, adalah dari bentuk dan bahan komponen. Di edisi biasa, kamu akan menemukan komponen Road, Settlement dan Cities berbahan kayu dengan model sederhana. Di edisi 10 tahun ini, komponennya berbahan plastik yang dicetak tiga dimensi (3D) sehingga sangat nampak bentuk pemukiman maupun perkotaan.

Kedua, terdapat tray atau wadah untuk menyimpan kartu sumber daya. Hal ini membuat para pemain nantinya lebih mudah saat mengorganisir kartu dan mengambil kartu. Dengan kata lain, sesi bermain Catan-mu tidak akan berantakan.

Note: Agar tidak salah paham, yang dilelang ini adalah Catan 10th Anniversary GOLD BOX Edition dan bukan Catan 10th Anniversary COLLECTOR 3D Edition. Kondisi lainnya akan diperjelas dalam post lelang yang ada di Instagram @boardgame.id.

View this post on Instagram

LELANG BOARD GAME BEKAS | 17 Mei 2020 | Catan 10th Anniversary GOLD BOX Edition ————————————⠀ Lelang dilakukan dengan cara menulis bid di kolom komentar di bawah:⠀ .⠀ Open Bid: IDR 100k⠀ Increment (kenaikan bid): Minimum IDR 10k⠀ No BIN/Buy Out⠀ .⠀ Sebelum mengikuti lelang harap cermati, pahami dan taati peraturan lelang di https://bit.ly/lelangbg2020 (atau klik tautan Linktree di bio).⠀ ————————————⠀ Note: Agar tidak salah paham, yang dilelang ini adalah Catan 10th Anniversary GOLD BOX Edition dan bukan Catan 10th Anniversary COLLECTOR 3D Edition.⠀ ————————————⠀ Kondisi Board Game (swipe untuk foto kondisi)⠀⠀⠀⠀⠀⠀ – 90% like new, minus box karena sudah agak usang (umurnya sudah 15 tahun) dan komponen harbor (pelabuhan) ada yang sedikit terkelupas.⠀ – Ada tempelan stiker di box karena dulu sempat direntalkan.⠀ – Komponen lengkap, semua kartu di-sleeve⠀ – Komponen 3D dari plastik untuk Settlements, Cities, Roads dan Robber.⠀ – Ada plastic tray untuk tempat kartu Resource.⠀ – Edisi bahasa Jerman, moderate text dependent (ada kartu dengan teks bahasa Jerman).⠀ – Kami lengkapi dengan print out buku aturan bahasa Inggris plus translasi efek kartu (contekan) dalam bahasa Inggris.⠀ ————————————⠀ Spesifikasi:⠀ – Game designer: Klaus Teuber⠀ – Jumlah pemain: 2-4 orang⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ – Durasi: 60-120 menit⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ – Umur: 10 tahun ke atas⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ – Tahun terbit: 1995 (cetakan 2005)⠀ Pemenang Meeples’ Choice Award 1995⠀⠀ Pemenang Spiel des Jahres 1995⠀⠀ Pemenang Deutscher Spiele Preis 1995 – Best Family/Adult Game⠀⠀⠀ ————————————⠀ Board game ini menantang para pemainnya untuk membangun peradaban di pulau Catan yang merupakan tanah antah berantah. Pemain memulai dengan memiliki dua settlement, yang masing-masing bernilai satu poin. Pemain menang dengan mengumpulkan 10 poin.⠀ .⠀ Poin bisa diraih dengan membuat pemukiman baru atau mengubah settlement menjadi city yang bernilai 2 poin atau dengan cara lainnya. Catan akan memberikan pengalaman bermain yang seru dikarenakan kental dengan tingginya tingkat interaksi dengan lawan seperti barter dan negosiasi.

A post shared by Boardgame.id (@boardgame.id) on

You may also like