Orang Ini Mungkin Telah Menjadi Pahlawan Di Turnamen Catan

  • Opini
  • February 15, 2021
  • 246
  • 2 minutes read

Dikalangan board gamer, siapa yang tidak tau Catan. Board game terbitan Mayfair Games yang dijuluki sebagai Monopoly Killer ini sudah laku jutaan kopi di pasar global. Tak heran jika banyak juga toko-toko atau board game cafe yang mengadakan Turnamen Catan.

Pada bulan Maret 2015, sebuah turnamen kualifikasi untuk kejuaraan Catan digelar di Washington, Amerika. Seperti turnamen Catan pada umumnya, banyak orang yang mendaftar turnamen. Setidaknya untuk turnamen yang diadakan di toko “Uncle Games” ini dihadiri oleh 50 peserta. Bedanya adalah, satu dari peserta turnamen adalah seorang anak berusia 10 tahun bernama Gabe Tesch.

Gabe Tesch | Foto: rareboardgames.com

Gabe datang bersama orang tuanya dan bermain sambil dipasang infus berjalan. Ketika ditanya oleh salah seorang peserta, ternyata Gabe sedang mengidap kanker otak dan baru saja menjalani dua kali operasi pengankatan tumor otak. Lebih tepatnya Gabe yang sekarang sedang melakoni kemoterapi.

Lalu sampailah pada akhir turnamen untuk pengumuman pemenang. Pemenangnya bernama Will Hoffman dan mendapat hadiah voucher belanja sebesar $100. Sebagai pemenang ia diminta untuk menyampaikan sepatah-dua patah kata. Will kemudian meminta Gabe untuk maju bersamanya. Lalu ia menanyakan siapa saja peserta yang tadi bertanding melawan Gabe. Beberapa peserta mengangkat tangan, lalu Will berkata “Selain bertanding dengan penyakitmu, kamu datang kesini dan bertanding dan bahkan mengalahkan beberapa orang yang ada disini”. Kemudian Will memberikan voucher $100 tadi kepada Gabe, seluruh pesertapun dengan senantiasa memberi tepuk tangan.

Gabe dan Ayahnya bersama dengan Will Hoffman | Foto: rareboardgames.com

Tujuan bermain board game bukanlah menjadi pemenang, namun menikmati segala prosesnya selama permainan berlangsung bersama dengan pemain yang lain. Bagaimanapun juga, antar sesama harus bisa membantu, mengayomi dan mengasihi karena board gamer juga manusia. Salut untuk Will Hoffman, semoga momen ini menjadi dorangan Gabe agar selalu sehat.

Sumber: Rareboardgame.com

You may also like