Mekanik 101: Mengenal Mekanisme Modular Board

Peradaban manusia sedari dulu menjunjung tinggi apa yang dinamakan variasi. Bayangkan jika semua warteg menunya oseng leunca, atau satu-satunya binatang di dunia adalah undur-undur. Pasti bosen banget kan? Para designer board game sangat paham akan hal ini, dan menerjemahkannya dalam mekanik yang salah satunya adalah mekanik Modular Board.

modular board dalam catan
Catan (1995), salah satu board game yang mem. Photo by Catan.com

Modular Board 101

Board game yang mengadopsi mekanik Modular Board menggunakan bidang permainan yang terdiri dari beberapa bagian. Trademark dari mekanik ini adalah kombinasi papan main yang membuat tiap sesi main menjadi berbeda, walau tidak selamanya begitu . Upidee (1893), Board game balapan kuda yang tercatat pertama kali mengadopsi mekanik ini membentuk bidang permainannya dari kartu-kartu dalam susunan yang baku tanpa variasi.


Upidee (1893). Photo by Boargamegeek.com

Komponen Modular Board

Aplikasi Modular Board yang paling mainstream adalah penggunaan kepingan yang membentuk area main. Board game sejuta umat, Catan (1995), membentuk variasi bidang main dari kombinasi penempatan keping heksagonal (Variable Placement). Memoir 44 (2004), menggunakan teknik yang sedikit berbeda. Kepingan medan ditambahkan pada satu papan baku untuk mengilustrasikan variasi skenario permainan (One Board Multiple Overlays).

Modular board dalam memoar 44
Memoir ’44 (2004) Menggunakan teknik One Board Multiple Overlays. Photo by RickyRoyal @Youtube

Perkembangan kultus board game konsisten melecut inovasi. Konstruksi mekanik ini pun sedari dulu tidak membatasi diri pada kombinasi keping yang membosankan. Game keluaran 1941 dari Swedia bertajuk Sjöfartspelet menggunakan kombinasi kontur plastik dan papan berlubang untuk menyajikan ketegangan laut Nordik pada perang dunia kedua. Warhammer 40.000 (1987) bahkan menghadirkan kombinasi elemen tiga dimensi untuk mewujudkan peperangan futuristik.


Sjöfartspelet (1941) menggunakan plastik berkontur dan papan untuk menghasilkan variasi arena main. Photo by Boardgamegeek.com

How it Works

Meski tidak semua, tapi unsur utama mekanisme “modular” ada pada variasi pengalaman bermain. Area main yang berubah-ubah menuntut pemain untuk adu taktik alih-alih sekedar menghafal alur kejayaan. Bagi gamers dengan preferensi permainan yang lebih strategis, Modular Board adalah seteguk es jeruk dalam dahaga berkepanjangan.

Apakah kamu termasuk orang yang demen es jeruk? Eh maksudnya demen board game yang memiliki mekanisme Modular Board ?

Baca juga seri mekanik 101 lainnya di Game Design.

You may also like