Ganz Schön Clever Digital : Parade Mekanik yang “Clever” [Review]

Ganz Schön Clever Digital : Parade Mekanik yang “Clever” [Review]

  • Opini
  • August 29, 2018
  • 250
  • 8 minutes read

Ganz Schön Clever (2018) menjadi nuansa segar di Industri boardgame dunia karena berhasil tampil sebagai nominator Kennerspiel dalam statusnya sebagai Roll & Write Game. Bagi yang kurang familiar, Roll & Write adalah sebuah eksekusi mekanik di mana pemain (biasanya) mengocok dadu kemudian mencatat hasilnya dengan aturan tertentu ke dalam lembar permainan. Roll & Write Game memang pernah menjadi nominator Spiel des Jahres melalui Qwixx, tapi untuk Kennerspiel yang melahirkan nama besar seperti 7 Wonders, Istanbul, dan Isle of Skye? Baru sekarang.

Sayangnya, permainan ini tidak dapat segera dibeli karena Stronghold Games baru akan membawa game ini ke market US pada akhir 2018. Mengantisipasi fans yang dahaga, Schmidt Spiele menggandeng Brettspielwelt untuk meluncurkan versi digital yang langsung bisa diunduh saat ini juga!

Ganz Schön CleverTampilan awal Ganz Schön Clever versi digital

TEMA & GAMEPLAY

Ganz Schön Clever percaya diri untuk tampil sebagai strategy game abstrak. Ia bahkan tidak berpura-pura memiliki tema sebagaimana yang lazim dilakukan. Sebuah sesi Ganz Schön Clever berjalan menggunakan enam dadu standar dan sebuah score sheet minim ilustrasi. Di tiap giliran, pemain akan mengocok dadu kemudian memilih satu diantaranya untuk diskor. Menariknya, dadu yang kita ambil akan “membuang” dadu lain yang angkanya lebih kecil. Twist cerdas ini membuat kita harus menyeimbangkan antara memilih dadu berangka besar atau dengan menahan diri dengan memilih dadu berangka kecil.

Tidak berhenti di situ, Wolfgang Warsch sebagai desainer menyediakan lima area untuk diskor dengan masing-masing keunikannya. Salah satu area meminta angka-angka spesifik untuk diskor, sementara area lain membebaskan asal angkanya berurutan. Uniknya, lima area tersebut bisa saling terkoneksi dengan adanya kombo-kombo sepanjang permainan.

Ganz Schön CleverEnam round (solo). Lima area untuk di skor.

REPLAYABILITY

Sebagai sebuah gim berbasis Roll & Write, Ganz Schön Clever memiliki porsi strategi yang cukup gemuk dibandingkan gim sejenis. Hebatnya, hal itu dilakukan tanpa membuat gimnya menjadi kompleks. Dalam gim ini pemain setidaknya memiliki lima jalur untuk ditekuni, sehingga meskipun tidak ada randomisasi komponen (pemain akan menggunakan dadu dan sheet yang sama setiap kali main), namun di tiap sesinya pemain bisa mengeksplor strategi yang berbeda.

Namun setelah menjalani puluhan sesi main, penulis merasa ada semacam “optimal solution” yang bisa memaksimalkan poin bagi pemain. Selain itu, kocokan dadu juga cukup berpengaruh ke hasil akhir permainan, membuat pemain dengan skor tinggi tidak hanya pintar mengalokasikan dadu namun juga “mendapat berkah” dari dewa dadu. Untungnya hal tersebut bukanlah masalah karena gim ini berlangsung dalam tempo yang super singkat. Dengan durasi permainan yang hanya berkisar 10 menit, pemain bisa mencoba lagi saat kurang puas dengan hasil permainannya

Ganz Schön CleverMy best shot. Masih jauh buat masuk online leaderboard

IMPLEMENTASI DIGITAL

Brettspielwelt menghadirkan pengalaman bermain Ganz Schön Clever yang menyenangkan melalui User Interface (UI) yang intutif. Nyaris tidak ada isu dalam memainkan gim ini. Namun satu yang perlu digarisbawahi, Ganz Schön Clever versi digital baru mengakomodasi solo game saja dari yang seharusnya dapat dimainkan hingga empat pemain. Tetapi kamu nggak perlu kecewa, karena sang developer telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengembangkan fitur multiplayer untuk aplikasi ini!

FINAL THOUGHT

Vicky Belladino

Meskipun sudah puluhan kali main dan (mengklaim) menemukan “solusi optimal” nya, anehnya gim ini tidak terasa membosankan. Dugaan saya karena durasi yang singkat dan opsi taktik yang beragam. Efek random dari dadu juga nggak menjengkelkan, bahkan mungkin bagus karena dari situlah kita dipaksa “cerdik” mengalokasikan angka-angkanya. Very nice filler. Tebakan saya dalam 1-2 tahun lagi bakal muncul sekuelnya.

Isa Akbar

Sederhana, mudah namun banyak pilihan pelik. Salah besar kalau kamu menyalahkan lemparan dadu yang jelek saat skormu rendah. Yang salah adalah saat kamu memilih dadu, yang berarti kamu kurang cerdik. Saat dimainkan solo, game ini bisa membuatmu bermain semalaman hanya karena penasaran untuk mencoba mendapatkan skor yang lebih tinggi. Nagih!

Aughy

Biasanya kalau main dengan dadu, harus pasrah menerima hasil lemparan. Tapi dalam Ganz Schön Clever, pemain dipaksa tidak boleh pasrah. Apapun hasil dadunya, pemain harus pilih dan pakai! Saat main pertama, beneran bingung karena pilihan dadunya bikin dilema. Tapi setelah beberapa kali main, mulai kelihatan pola dan strategi memilih dadu yang baik dan benar. Tapi ya tentu saja kembali lagi ke hasil lemparan. Kalau kata dadu ok, strateginya jadi mantap.

Walaupun belum pernah main board game-nya, tapi versi digitalnya sangat memudahkan. Pemain jadi tidak lupa bonus dan gilirannya. Tentu sensasi mengocok dadunya menjadi hilang, tapi rasanya tidak terlalu masalah.

Ganz Schön Clever dapat ditebus seharga Rp 51.000 untuk versi Android dan $2.99 (Rp 45.000) untuk versi iOS. Tim Boardgame.id mengucapkan terimakasih kepada Brettspielwelt yang telah memberikan digital review copy Ganz Schön Clever.

You may also like