Cahoots Digital : Teman Main Sepuluh Menit [Review]

Cahoots Digital : Teman Main Sepuluh Menit [Review]

Kalo boleh sedikit meromantisasi, salah satu alasan kenapa boardgame menjadi hobi yang pengertian adalah karena ia solutif. PSBB dan kamu nggak bisa mudik? Kamu bisa main solo game. Beres ujian dan sedang mood buat main gim berat? Pilihannya banyak. Bahkan ketika kamu hanya punya sepuluh menit sambal nungguin antrean donor darahpun, kamu bisa mainkan banyak gim โ€“ salah satunya Cahoots yang bisa dengan apik dinikmati di smartphone dalam porting digitalnya.

Bedakan dengan kuis Kahoot yang biasanya dipakai di kampus atau seminar-seminar, Cahoots adalah gim terbitan Gamewright yang rilis tahun 2018 silam. Didesain oleh Ken Gruhl yang juga menelurkan Happy Salmon (2016), Cahoots adalah gim kartu abstrak dimana kamu berusaha menciptakan kondisi-kondisi yang ditentukan dengan memainkan kartu. Cahoots telah diporting dalam bentuk digital secara apik oleh brettspielwelt yang akan kita kupas di artikel kali ini.

Cahoots yang diterbitkan oleh gamewright. Image by MeepleGamers

TEMA

Cahoots adalah gim abstrak yang bahkan tidak berpura-pura memiliki tema. Komponen gimnya hanya kartu dengan tulisan, angka, dan warna saja. Meski begitu, warna-warni kartu dalam Cahoots terbilang cerah, cocok untuk positioning gimnya sebagai gim casual keluarga. Meski minim ilustrasi, namun secara grafis seluruh komponennya bersolek apik dan berkontribusi positif dalam permainan. Secara umum  tidak banyak yang bisa dibahas dari segi tema karena memang gimnya sendiri abstrak.

MEKANIK & GAMEPLAY

Dilihat dari sisi mekanik, Cahoots adalah pengembangan dari sistem main uno dimana pemain akan memainkan kartu di tangan ke tumpukan dengan cara menyamakan warna atau angka. Eits, jangan kabur dulu, karena kesamaannya cuma berhenti sampai di situ. Di tengah area main, ada empat tumpukan yang bisa dipilih pemain. Tugas pemain adalah mewujudkan kondisi yang ada di kartu-kartu tugas, seperti membuat total angka di tumpukan menjadi 15, atau menyamakan angka di kartu warna hijau dan oranye. Saat pemain dapat menyelesaikan seluruh tugas sebelum tumpukan kartu angka habis, maka saat itu juga gim ini akan dimenangkan!

Cahoots awalnya didesain untuk dimainkan 2-4 orang secara kooperatif. Namun versi yang diporting ke digital adalah versi Schmidt Spiele yang dimainkan oleh satu orang saja (solo). Baik dimainkan solo maupun multiplayer, aturan mainnya sama saja. Hanya saja, di mode multiplayer pemain bisa sepakat untuk tidak berkomunikasi untuk membuat penyelesaian gimnya menjadi lebih menantang.

Dengan dilihat saja mungkin kita sudah terbayang cara mainnya

IMPLEMENTASI DIGITAL

Well, karena gim nya sendiri cukup sederhana, porting digital Cahoots sangat, sangat mulus. Dalam versi fisik, pemain harus mengecek keterselesaian tugas secara manual, satu demi satu. Bisa jadi โ€“ karena keterbatasan pemain โ€“ ada penyelesaian tugas yang terlewat. Dalam versi digital, kita dimanjakan karena seluruhnya dilakukan secara otomatis. Bahkan seringkali sebuah tugas selesai tanpa kita rencanakan!

Rule permainan Cahoots juga bisa dicek langsung dari aplikasi. Jumlah kartu yang tersisa baik di deck tugas maupun deck angka  juga terlihat, sangat membantu pemain dalam mempersiapkan strategi. Kurang menantang? Versi digital Cahoots menyediakan 3 mode bermain : easy, normal, dan expert yang bisa kamu atur sesuai dengan level keahlianmu. Ada juga leaderboard dan achievement hall of fame yang dapat digunakan untuk membandingkan progress bermainmu dengan pemain lain di seluruh dunia. Secara keseluruhan, versi digital Cahoots sangat ciamik menghadirkan permainan casual yang bisa selesai dalam sepuluh menit saja.

Implementasi digital dari cahoots sangat memudahkan pemain

FINAL THOUGHT

Vicky Belladino

Nunggu bis atau KRL tapi kayaknya masih lama? Di saat itulah Cahoots Berjaya. Jika dulu saya biasa main Sudoku, sekarang Cahoots bisa menjadi pilihan yang sama serunya. Portingnya smooth, gameplay casual tapi challenging. Memang kalo nggak hoki kamu bisa ketemu kondisi yang unsolveable. Tapi toh kamu bisa segera mulai main baru lagi. Mikir tapi nggak usah terlalu dipikirin.

Isa Akbar

Cahoots ini unik, permainannya sangat sederhana dan mudah namun sering kali bikin gregetan. Dasar permainannya bahkan sama dengan Uno yang pasti semua orang tahu, kartu pemain hanya bisa dimainkan di atas kartu yang sama angka atau sama warna. Bermain Cahoots bisa mengajarkan kita untuk menentukan prioritas, mana satu dari empat kartu objektif yang harus diselesaikan lebih dulu.

Memang sih hasil tarikan kartu dan objektif yang diselesaikan tak bisa diprediksi tapi bukankah itu tantangannya? Permainan ini menyajikan skenario sebuah problem yang akan terus muncul, empat malah dalam satu tampilan. Dan pemain tidak akan bisa lanjut apabila masalah yang ada tidak segera di-solve. Jadi penasaran ingin main versi kooperatif di versi fisiknya.

Aughya Shandriasti

Pas melihat tingkat kesulitannya yang cuma beda 2 poin antara Easy dan Normal, saya langsung jumawa buat nyoba yang Normal. Eh ternyata nggak bisa selesai dong hehehe. Objektif sebenarnya gampang, tapi karena kartu yang keluar random, pemain harus pintar memilih objektif mana yang terlebih dahulu diselesaikan. Menarik, karena bukan brain burner game padahal butuh mikir dan malah pengen main. Pastikan sebelum main, sudah punya cukup luck supaya kartu yang keluar ok!

Cahoots digital apps sudah tersedia  untuk platform Android dan iOS dan bisa ditebus dengan harga Rp48.000. Boardgame.id mengucapkan terima kasih kepada Brettspielwelt & Gamewright yang telah memberikan copy review Cahoots digital

You may also like