5 Board Game ini Tantang Kamu Jadi Tenaga Kesehatan, Sudah Coba?

5 Board Game ini Tantang Kamu Jadi Tenaga Kesehatan, Sudah Coba?

Beberapa minggu ini, dunia sedang digemparkan oleh wabah virus COVID-19 atau yang biasa dikenal dengan corona. Menjalar dengan cepat, virus ini memang membuat kepanikan di banyak tempat. Beberapa pihak pun bekerja keras untuk meneliti asal-usul virus tersebut, termasuk para tenaga medis atau kesehatan.

Namun tahukah kamu? profesi sebagai tenaga medis rupanya bisa dipelajari lewat board game lho. Nah, penasaran bagaimana rasanya menjadi tenaga kesehatan yang harus sigap mengobati pasien dan meneliti penyakit? Berikut 5 board game bertema medis yang bisa jadi rekomendasi untukmu.

Pandemic

Co-operative game yang sempat menjadi nominasi Spiel des Jahres 2009 ini mengajak pemain bekerja sama meracik obat penawar untuk virus mematikan yang mengancam dunia. Setiap putaran, pemain bisa mengambil hingga 4 aksi pilihan: mengunjungi kota, menyembuhkan populasi terinfeksi, meneliti obat atau membangun pusat riset.

board game bertema kesehatan

Dengan pilihan karakter berbeda, pemain harus bekerjasama membangun strategi dengan memanfaat kemampuan masing-masing. Kamu harus cepat karena penyakit yang kamu hadapi bisa menyebar dengan cepat. Jika kamu berhasil memusnahkan empat penyakit, seluruh pemain dinyatakan menang. Pandemic bisa kamu dapatkan diTokopediaseharga Rp 645.000.

Flatline

Dirilis oleh publisher Renegade Game Studio, game ini mengambil universe yang sama dengan FUSE (2015). Ceritanya beberapa awak kapal sedang terluka, dan pemain sebagai tenaga kesehatan harus bekerjasama menyembuhkan mereka. Kamu harus cepat ya karena setiap ronde hanya diberi waktu satu menit untuk menangani pasien dan keadaan darurat lainnya.

board game bertema kesehatan

Didesain oleh Kane Klenko, game ini bisa dimainkan selama maksimal 45 menit oleh 1-5 pemain. Flatline bisa didapatkan di Tokopedia dengan harga Rp760.000.

Paramedics: CLEAR!

Rilis perdana di Gen Con 2017 lalu, dalam game terbitan Smirk & Dagger ini kamu adalah paramedis yang dikirim ke berbagai lokasi kecelakaan. Berlomba dengan waktu, selamatkan korban sebanyak mungkin dengan memilih pasien, mencari pasokan obat, dan membawa mereka ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

board game bertema kesehatan

Seperti tim medis di dunia nyata, pasien kritis tentunya memberimu tekanan ekstra pada permainan. Pasalnya, kamu harus menyelamatkan nyawa mereka dengan waktu yang lebih singkat! Jika tidak, pemain yang gagal akan mendapat penalti. Untuk mengukur waktu permainan, game buatan Gary Kagan ini bisa memakai aplikasi pendamping yang bisa diunduh gratis, maupun timer bawaan di ponselmu.

Paramedics: CLEAR! bisa didapat seharga Rp 615.000 di Tokopedia.

Rush: M.D

Pernah membayangkan berada di tengah-tengah sibuknya ruang operasi? Mainkan saja game yang diterbitkan oleh Artipia Games ini. Di sini kamu adalah dokter muda yang bertugas di rumah sakit Medical Center. Bersama pemain lainnya, kamu harus bekerjasama untuk mengobati pasien: mulai dari yang rawat jalan hingga harus melalui operasi. Tak perlu khawatir, sepanjang permainan kamu akan dibantu oleh para perawat. Komponen game ini juga sangat mirip peralatan dokter asli, seperti jarum suntik dan pinset.

board game bertema kesehatan

Perdana dirilis di ajang Essen SPIEL tahun ini, game simulasi tenaga medis profesional ini memang belum ada di Indonesia. Tunggu review selengkapnya hanya di Boardgame.id ya.

Acaraki – The Java Herbalist

Pada zaman Majapahit berabad-abad lalu, pastinya belum ada obat-obatan berbahan kimia untuk penyembuhan penyakit. Alhasil, para tabib atau tenaga kesehatan jaman dulu mencari bahan alami sebagai resep obat. Pada zaman itu pula muncul istilah Acaraki, seseorang yang ahli pengobatan yang mengandalkan tumbuhan herbal khusus untuk obat.

Diterbitkan oleh Hompimpa Games, permainan asli Indonesia yang pernah tampil di Essen SPIEL ini mengajak pemain menjadi seorang acaraki yang akan berkeliling desa di Majapahit untuk menyembuhkan penduduk yang tengah sakit. Berbagai penyakit seperti batuk, flu, encok dan penyakit lainnya bisa disembuhkan apabila pemain telah mengumpulkan bahan-bahan herbal yang tepat.


Untuk kamu yang berada di Bandung, silakan kunjungi Galeri Board Game Indonesia di PlaySpace by Boardgame.id. Alamatnya di Jalan Sukanagara no. 31, Antapani, Bandung. Kami buka setiap hari Senin hingga Jumat dari jam 1 siang sampai jam 5 sore.

Belum sempat mampir ke Bandung? Jangan khawatir karena PlaySpace juga memiliki Katalog Online dan barang-barang yang tersedia bisa didapatkan melalui toko online kami di Tokopedia maupun pemesanan langsung via WhatsApp.

You may also like