10 Manfaat Board Game Menurut Pakar Kesehatan

10 Manfaat Board Game Menurut Pakar Kesehatan

Bermain board game memang menyenangkan. Bermain board game juga dapat menumbuhkan kembali momen kebersamaan di era digital di mana orang-orang kini lebih sibuk dengan gawainya masing-masing. Meski berwujud permainan, board game menawarkan lebih dari sekadar hiburan. Ada nggak sih manfaatnya untuk kesehatan?

Berikut 10 manfaat utama, khususnya dari sisi kesehatan saat bermain board game yang dilansir dari Health Fitness Revolution:

Baca juga: Bisakah Mengasah Critical Thinking Anak Dengan Bermain Board Game?

1. Meningkatkan kebahagiaan

Saat kita bermain board game sering kali tercipta suasana yang mengundang tawa. Menariknya, tertawa ternyata hal ini meningkatkan endorfin. Zat kimia alami yang ada dalam tubuh kita ini diketahui dapat meningkatkan perasaan bahagia lho.

2. Menambah waktu bersama keluarga.

Menghabiskan waktu bersama keluarga tanpa adanya gangguan notifikasi gawai masing-masing mungkin terdengar mustahil. Belum lagi, setiap anggota keluarga pasti punya jadwal dan agendanya masing-masing. Namun bukan berarti tidak mungkin, bermain board game di akhir pekan atau setelah makan malam bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk berkumpul dan meningkatkan quality time di dalam keluarga.

3. Pembentukan memori dan keterampilan kognitif.

Mengajak anak bermain board game bersama orangtuanya akan membantu mereka melatih keterampilan kognitif penting seperti pemecahan masalah. Hipokampus dan korteks prefrontal merupakan bagian otak kita yang paling sering mendapat manfaat saat bermain board game. Area otak ini bertanggung jawab atas pemikiran kompleks dan pembentukan memori. Board game juga membantu otak mempertahankan dan membangun asosiasi kognitif hingga usia tua.

4. Mengurangi risiko demensia dan alzheimer

Salah satu manfaat utama bermain board game adalah mengurangi risiko penurunan kognitif, seperti pada penderita demensia dan alzheimer. Menjaga pikiran kita agar tetap aktif berarti sama artinya dengan melatihnya dan membangunnya lebih kuat. Otak yang lebih kuat memiliki risiko kehilangan kekuatan kognitif yang lebih rendah.

5. Cepat tanggap

Semakin sering kita bermain board game, bisa membuat kita lebih mudah menemukan benda-benda kecil yang mungkin terselip seperti kunci rumah atau kunci mobil tanpa memakan waktu lama. Hal ini dibuktikan para ilmuwan di Universitas Toronto di Kanada yang menilai kemampuan dua kelompok untuk mencari dan menemukan suatu objek. Hasil menunjukkan bahwa peserta studi yang secara teratur bermain game jauh lebih cepat dalam menemukan target dibandingkan mereka yang tidak bermain.

6. Menurunkan tekanan darah

Sama halnya saat tertawa dan meningkatkan endorfin, mereka juga dapat membantu menurunkan atau mempertahankan tekanan darah dalam diri kita. Pelepasan endorfin ini membantu otot untuk rileks dan darah bersirkulasi, yang ternyata akan menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dikaitkan dengan risiko kerusakan arteri, penyakit jantung, dan stroke yang lebih besar. Artinya jika kita teratur bermain board game, tekanan darah bisa lebih mudah distabilkan.

7. Kurangi stres

Kita selalu bisa mengalihkan diri dari kepenatan dan kesibukan dengan cara yang lebih sehat seperti bermain board game. Alasannya karena bermain adalah cara terbaik dan mudah untuk bersantai dan leha-leha. Menurut survei online oleh RealNetworks, Inc., pengembang game, menemukan bahwa 64% responden mengatakan mereka bermain game sebagai cara untuk melepas lelah dan bersantai dan 53% bermain untuk menghilangkan stres.

Melatih fokus dan bagus untuk kesehatan

8. Menumbuhkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian telah menunjukkan bahwa negativitas, depresi, dan stres dapat mengurangi kemampuan manusia untuk melawan penyakit. Kebalikannya, dan pikiran positif, seperti tawa dan merasa bahagia yang selalu menyertai kita saat bermain board game dapat mencegah depresi. Dengan kata lain melepaskan beberapa bahan kimia alami untuk melawan stres dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Board game bisa memunculkan ‘genetik yang kebal’ dan mengaktifkannya di otak. Hal ini membuat sel-sel otak hidup lebih lama dan membantu kita menjaga kesehatan serta melawan penyakit.

9. Perkembangan anak

Board game mengambil peran yang sangat penting dalam kesehatan anak dan perkembangan otak mereka. Bermain board game justru membantu anak-anak mengembangkan logika dan keterampilan penalaran, meningkatkan pemikiran kritis dan meningkatkan penalaran spasial. Mendorong anak untuk memainkan berbagai jenis board game juga dapat meningkatkan keterampilan verbal dan komunikasi sambil membantu kemampuan untuk berkonsentrasi dan fokus untuk jangka waktu yang lebih lama.

10. Perawatan terapi

Banyak board game yang membutuhkan penggunaan keterampilan motorik halus untuk mengambil atau memindahkan benda-benda, atau aksi yang membutuhkan koordinasi dan ketangkasan. Aktivitas dan latihan rutin meningkatkan keterampilan dasar ini yang penting bagi anak-anak, penyandang disabilitas mental ataupun fisik, para orang tua, dan mereka yang pulih dari kecelakaan. Board game sangat membantu ketika integrasikan pada perawatan terapi okupasi, serta di tempat-tempat seperti ruang kelas untuk kebutuhan khusus guna membantu meningkatkan fungsi otot dan saraf dari waktu ke waktu.

Itulah 10 manfaat bermain board game dari sisi kesehatan. Pastinya masih ada banyak manfaat lainnya.Ada banyak judul board game yang telah beredar di pasar dan bisa segera dicoba dimainkan di rumah bersama keluarga ataupun kolega. Boardgame.id pun menyediakan beragam judul board game karya anak bangsa yang bisa dipesan online. Kunjungi halaman katalog berikut untuk melihat judul yang tersedia:

Sumber: Health Fitness Revolution

You may also like