Board Game Sebagai Penyelamat Generasi dan Pemersatu Bangsa [Wawancara]

Board Game Sebagai Penyelamat Generasi dan Pemersatu Bangsa [Wawancara]

Di Essen SPIEL 2019, Boardgame.id berkesempatan bertemu dan melakukan wawancara dengan Dominique Metzler dari Friedhelm Merz Verlag yang menyelenggarakan SPIEL. Di video wawancara bagian pertama, Dominique menceritakan cikal bakal pameran ini yang ternyata venue pertamanya berada di sekolahan.

Essen SPIEL merupakan sebuah pameran board game terbesar yang sudah berlangsung sejak 37 tahun lalu. Pameran ini selalu ramai dikunjungi pengunjung mancanegara. Tahun 2019 lalu, jumlah pengunjungnya mencapai lebih dari 200.000, rekor tahun sebelumnya yang hanya 190.000 pengunjung pun pecah.

Berlangsung selama empat hari setiap bulan Oktober di kota Essen, Jerman, Essen SPIEL telah menjadi destinasi liburan bagi beberapa keluarga. Ya! Tidak hanya diramaikan oleh muda-mudi, pameran ini pun kerap dipadati keluarga, anak-anak. Tak jarang kamu akan menemukan satu keluarga mulai dari ayah, ibu, adik, kakak bahkan kakek-nenek juga ikut bermain bersama.

Essen SPIEL 2019 dipadati pengunjung dari berbagai belahan dunia, di antaranya pasti ada banyak perbedaan budaya agama, suku, agama dan kepercayaan

Di video wawancara bagian kedua ini, kami lebih banyak saling bertukar cerita dan pandangan. Menurut Dominique, board game bisa menjadi instrumen yang dapat menyatukan bangsa dan menyelamatkan generasi dari perpecahan.

Dominique pun memberi pesan untuk warga Indonesia tentang pentingnya bermain. Saking pentingnya, jika semua orang bermain board game niscaya tidak akan ada lagi perang di dunia ini.

Boardgame.id pun mengamini dan mempercayainya. Saat bermain board game yang biasanya tersedia empat tempat duduk untuk empat pemain. Begitu mereka mulai duduk di meja main, tidak ada lagi perbedaan umur, status sosial, ras, dan agama. Mereka adalah sama-sama pemain board game yang ingin bersenang-senang bersama.

Akar dari perang dan kebencian adalah intoleran. Dengan bermain board game bisa menumbuhkan toleransi, menerima keberagaman sambil duduk santai main bareng.

Tanpa panjang lebar, mari saksikan video wawancara dengan Dominique Metzler bagian kedua ini:

Jangan lupa subscribe, like dan comment ya!

Simak juga video wawancara eksklusif dari Boardgame.id selama di Essen SPIEL 2019 di sini.

You may also like