Oh Jadi Begini, Asal-usul Combo Dalam Game!

Oh Jadi Begini, Asal-usul Combo Dalam Game!

  • Opini
  • May 27, 2020
  • 387
  • 6 minutes read

Ada yang gemar bermain game berjenis fighting? Video game memiliki banyak judul fighting game yang menarik untuk dimainkan. Sebut saja beberapa franchise yang terkenal di dunia seperti Street Fighter, Mortal Kombat dan Tekken. Satu hal yang membuat fighting game ini menarik ini adalah adanya mekanisme combo di dalam game.

Baca Juga: Trick Tacking, Mekanik Usang yang Tetap Relevan

Tidak terbayangkan memang jika seandainya tidak ada mekanisme combo di dalam fighting game. Mungkin genre game tersebut akan jadi sangat membosankan karena gameplay yang tidak berkembang, atau kita hanya beradu timing yang tepat untuk mengenai musuh dengan pukulan. Lalu sebenarnya darimana sih asal muasal sistem permainan ini?

Combo dalam game
Combo | Image: Stream Community

Pada awalnya mekanisme combo diaplikasikan dalam arcade game tahun 80-an yaitu Renegade dan Double Dragon. Pada umumnya, arcade game menawarkan mekanisme yang dimana para pemain mengalahkan musuh dengan melakukan serangan satu kali saja, akan tetapi pada dua judul game tersebut para pemain bisa melakukan berbagai macam pukulan. Pukulan pertama menjadikan musuh tidak dapat bergerak, lalu pemain bisa melakukan pukulan kembali hingga musuh terjatuh dan mati karena kehabisan health point.

Hal ini kemudian diadaptasi oleh sebuah fighting game berjudul Street Fighter II yang memiliki mekanisme combo lebih dinamis. Lucunya adalah combo di dalam game yang dikembangkan oleh Capcom tersebut ternyata bukanlah fitur, melainkan kesalahan pemrograman atau biasa disebut dengan bug. Nah, dari sanalah mekanisme ini menjadi fitur wajib untuk berbagai fighting game yang semakin canggih di zaman sekarang.

Nah, Bagaimana dengan Board Game?

Apakah board bame yang memiliki bentuk fisik bisa disisipi mekanisme combo? Tentu saja bisa! Salah satu board game yang menggunakan mekanisme ini adalah Mat Goceng, sebuah card game dari Manikmaya Games yang menceritakan tentang kehidupan Vrijeman di zaman penjajahan belanda. Lalu di manakah letak combo di dalam Mat Goceng? Bentuknya sudah pasti berbeda dengan di dalam video game.

Pada Mat Goceng, kamu akan beradu kartu jurus ketika kamu masuk di sesi bertarung dengan lawan main. Yang paling banyak mengeluarkan jurus, maka dialah yang menang. Hanya saja kamu tidak bisa sembarangan mengeluarkan banyak jurus. Kamu perlu melakukan combo dengan cara mengurutkan warna yang sama di setiap kartu. Bahkan kamu bisa melakukan tag team combo dengan pemain lainnya, dengan bernegosiasi agar membantu kita mengeluarkan kartu jurus yang cocok dan mengalahkan lawan.

Combo dalam game
image: Hiew’s Boardgame

Nah, itu dia asal-usul combo di dalam game. Tidak hanya bisa diimplementasikan di video game, bahkan dalam board game kita juga bisa mengimplementasikannya dan menjadi sebuah permainan yang menarik. Kamu punya contoh board game lain yang memiliki mekanisme yang sama? Yuk share!

*artikel ini telah terbit sebelumnya dengan judul “Bagaimana Asal-usul Combo Dalam Game” oleh Rizal Ziz tanggal 21 Agustus 2015.

You may also like