Nunuk Riza Puji, Guru SMAN 1 Petungkriyono yang Mengajar Pakai Game [Guru Bermain]

Nunuk Riza Puji, Guru SMAN 1 Petungkriyono yang Mengajar Pakai Game [Guru Bermain]

Bagi beberapa kalangan, terutama orang tua, game adalah suatu hal yang tabu. Ada yang beranggapan bahwa game berdampak buruk seperti membuat putra-putri mereka jadi malas belajar atau takut jadi kecanduan kalau terlalu sering memegang gawai.

Boardgame.id percaya, game bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang baik. Untuk itu kami mencari beberapa narasumber dari berbagai bidang pekerjaan yang pernah memanfaatkan board game untuk menciptakan sesi pembelajaran yang lebih interaktif.

Baca juga: Kaget! Main Board Game Jadi Paham Bisnis [Wawancara]

Kali ini kami berkesempatan mewawancarai Mas Nunuk via telepon, seorang guru yang sudah berpengalaman membawa dan memanfaatkan board game di kelas. Wawancara ini bertujuan untuk memberikan pembaca perspektif atau sudut pandang lain tentang game.

Berikut yang kami obrolkan:

BGID: Halo mas Nunuk, apa kabar?

Nunuk: Baik mas

BGID: Mas, biar pembaca Boardgame.id juga kenal nih, boleh dong perkenalkan diri dulu ke pembaca dan sekalian diceritakan apa kesibukannya sehari-hari?

Nunuk: Siap! Halo, nama saya Nuno Riza Puji, keseharian saja ngajar karena saya berprofesi sebagai guru di SMA Negeri 1 Petungkriyono di Pekalongan, Jawa Tengah. Saya kalau di rumah menjadi seorang Ayah dari dua orang anak dan Insya Allah, akan nambah lagi karena istri di rumah sedang hamil. (note: Alhamdulillah, saat artikel ini ditulis ulang bayinya sudah lahir)

Baca juga: Bantu Murid Belajar, Guru-Guru di Pekalongan Buka Donasi 200 Board Game

Nunuk Riza pengampu mata pelajaran Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) di SMA 1 Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah saat berdiskusi bersama siswa di dalam kelas, 11 Agustus 2017. Tempo/Budi Purwanto
Nunuk Riza Puji | Foto: Budi Purwanto/Tempo

BGID: Wah, selamat mas, semoga sehat-sehat sekeluarga. Kembali ke topik nih mas, boleh diceritain nggak bagaimana pengalaman mas Nunuk menggunakan game di sekolah? Kan belum banyak tuh ada guru pakai game saat mengajar. Awal mulanya gimana sih?

Nunuk: Awalnya, saya merasa kalau murid-murid generasi sekarang berbeda dengan dulu. Di jaman saya sekolah memang model belajarnya masih yang guru mengajar & siswa mendengarkan, mengerjakan LKS dan sebagainya.

Tapi saat saya sudah jadi guru, saya berpikir murid-murid sekarang nggak bisa digituin lagi karena sekarang sudah masuk ke generasi yang serba cepat, anak-anak sudah kenal teknologi digital, malah menurut saya mereka sudah menjadi generasi yang dituntut untuk bisa berpikir kritis.

Dari situ saya berpikir, apa sih yang disukai oleh anak-anak jaman sekarang agar metode belajarnya tidak mengulang seperti pas jaman saya.

Murid dan Guru SMA N 1 Petungkriyono
Bersama murid-murid SMA Negeri 1 Petungkriyono

Sebenarnya ada satu momen kenapa saya terpikir untuk pakai game. Saat itu ada anak yang terlihat capek pas jam istirahat terakhir, setelah ditanya karena habis ada tiga ulangan harian sekaligus. Lalu anak itu nyeletuk, “Pak ada nggak sih pak, sekolahan yang seru suasananya kaya di rental PlayStation?”

“Mana ada, ngawur kamu,” jawab saya waktu itu. Tapi dari situ saya tersadar, dan di titik ini saya jadi bertanya-tanya, “kenapa ya, anak-anak saya lebih seneng di rental PlayStation dibanding di sekolah?”

Kalau disuruh memilih, antara tinggal di kelas mendengarkan guru apa main di rental PlayStation, pasti mereka milih main. Ini terbukti game station lebih menarik daripada kelas dan ini yang jadi tantangan terberat guru. Mereka harus membuat kelas biar nggak kalah seru, dan untuk kelas saya kayanya memang perlu nih disisipin game biar seru.

BGID: Setuju sih, saya juga bakal pilih main, hehe. Lalu, game yang pertama kali dikenalkan di kelas, game apa mas?

Berburu pokemon alias barcode | Foto: Nunuk Riza

Nunuk: Awalnya meski masih ragu, bisa nggak ya game dipakai untuk belajar? Tapi akhirnya dicoba saja. Kebetulan waktu itu lagi booming game Pokemon Go. Berhubung saya guru TIK, saya coba bikin game semacam Pokemon Go, yang dicari bukan pokemon tapi materi pelajaran sekaligus soal-soal yang harus dijawab oleh anak-anak.

Padahal bentuknya scan-scan barcode yang disebar di halaman sekolah, saya tempel di pohon, di kelas dan anak-anak nyebar scan pakai hp masing-masing. Setelah saya coba terapkan di kelas dan bener banget, mereka heboh dan ingin lagi. Misi saya untuk membuat murid jadi ‘kasmaran belajar’ terwujud.

BGID: Wih asyik, coba dulu saya sekolah kaya gitu juga, pasti seru. Buat bikin gamenya berapa lama tuh mas?

Nunuk: Nah! Okelah mereka memang generasi digital, tapi seandainya pakai digital terus nanti bakal keteteran karena proses bikinnya lama. Bisa lebih dari sebulan.

Dari sini saya mulai ngulik, ada nggak sih jenis game yang bukan digital biar anak juga nggak makin ketergantungan sama gadget. Dan saya ketemu lah sama yang namanya board game. Setelah itu saya geser ngajar di kelasnya pakai board game.

BGID: Memang kenapa sih mas kok pilih board game?

Nunuk: Nah ini menarik, medianya analog dan karena manual biasanya pemain jadi terbuai dan fokus ngelihat aksi lawan juga, akhirnya mereka jadi lupa sama hpnya.

Board game ini kok keren ya, secara aspek sosial mereka jadi saling berinteraksi, ada kerjasamanya juga, kadang juga bersaing. Dan anak-anak juga latihan berpikir kritis sekaligus latihan analisis dan problem solving . Ini sejalan dengan yang diprogramkan pemerintah soal 4C (Communication, Collaborative, Critical Thinking & Problem Solving, dan Creativity), masuk semua itu di board game.

Baca juga: Ini Cara Seru Agar Guru Bisa Salurkan Terapkan 4C di Kelas
Baca juga: Bisakah Mengasah Critical Thinking Anak Dengan Bermain Board Game?

BGID: Mas Nuno kan ngajarnya pakai game nih, bagaimana respon dari teman-teman guru yang lain?

Nunuk: Sampai sekarang, kelas saya selalu pecah dan seru. Menariknya, guru-guru lain malah jadi tertarik. Mereka mulai tanya-tanya, “Pak kok kelasnya seru, main-main kaya gitu, itu pembelajaran model apa pak?”

Nah dari situ jadi ngobrol sama guru-guru, untungnya wawasan saya tentang board game ditunjang juga karena kenal dengan temen-temen dari Kummara, dari Ludenara, dan bacaan dari Boardgame.id.

Habis itu, saya coba ajak teman-teman guru bagaimana kalau seandainya pembelajaran-pembelajaran di kelas kita, kita bumbui dengan board game. Pastinya nggak setiap pertemuan juga dong. Tapi paling tidak, ada yang menarik di kelas kita.

Kan generasi sekarang bisa disebut juga generasi gamer, makanya ngajarnya pakai game dong biar sejalan.

Mas Nunuk (kiri bawah) bersama guru-guru yang lain belajar membuat board game di acara Kelas Game Design dari Ludenara | Foto: Isa Akbar

BGID: Wah, guru-guru juga jadi ikut pakai board game ya? Mereka juga buat sendiri seperti mas Nuno?

Nunuk: Iya, kemarin ada board game yang diciptakan sama guru PKN judulnya Bela Negara. Kemudian guru Sejarah juga sama, ngajak kolaborasi sama saya, sama murid juga untuk bikin board game. Bahkan kalau yang sejarah ini kita coba ikut sertakan lomba karya ilmiah dan menang, dapat juara satu tingkat provinsi Jawa Tengah.

Yang baru lagi ada guru Biologi mau ikutan, kita coba kolaborasi antara saya guru TIK, dan guru Biologi, buat bikin board game tentang Owa Jawa. Kita pengen mengedukasi sekolah, warga dan masyarakat ada hewan yang terancam punah yang habitatnya ada di Petungkriyono, mereka perlu tahu Owa Jawa ini makannya apa, jadi kalau ketemu mereka jangan diganggu dan kalau nebang pohon jangan sembarangan juga agar tempat tinggalnya tetap lestari dan seterusnya.

Akhirnya saya dan guru Biologi bikin board game tentang konservasi Owa Jawa. Saya bantu coba buat gamenya, guru Biologi punya pengetahuan tentang satwa, dibantu juga relawan konservasi Owa Jawa menjadi satu tim. Game ini akan coba mainkan di beberapa sekolah seperti SD dan SMP sekitar.

Mas Nunuk mengajari guru cara bermain Aquatico
Mas Nunuk mengajari guru cara bermain Aquatico | Foto: Nunuk Riza

Advertorial: Aquatico, salah satu game yang dimanfaatkan Nunuk dalam menerapkan pembelajaran, bisa didapatkan di Katalog Board Game Indonesia

BGID: Keren banget mas, kalau dari pengalaman, ada pengaruhnya nggak sih mengajar ke anak-anak pakai game di kelas?

Nunuk: Cerita pengalaman nih ya, anak-anak jelas jadi makin semangat. Gambarannya gini deh, pas guru masuk kelas, siswa ditanya guru, “Anak-anak! Pak guru atau Bu guru hari ini mau ngajak main game.”

Udah pasti bisa dibayangin dong semangatnya anak-anak kaya gimana saat mendengar mereka diajak main game sama gurunya. Dan mainnya bukan sembarang game, tapi board game yang kita bikin ini board game yang sesuai dengan mata pelajaran yang materinya sesuai dengan yang akan diajarkan hari itu.

Jadi, secara keseluruhan, semangat belajar anak-anak meningkat. Materi juga tetap tersampaikan, dengan lebih seru malah. Dan tanpa harus banyak ceramah sebenernya, di sini guru jadi bisa lebih memposisikan diri untuk observasi murid-muridnya.

Baca juga: Apa Jadinya Kalau Murid Main Game di Kelas?

BGID: Mantap banget mas, mungkin segini dulu. Terima kasih banyak atas waktunya, semoga bisa makin menginspirasi guru-guru yang lain untuk mengajar pakai board game.

Nunuk: Sama-sama mas, terima kasih juga sudah dibolehin sharing

BGID: Oke mas, mungkin nanti malah bisa sharing lagi soal pengalamannya kalau pakai game pas di rumah.

Nunuk: Siap, berkabar aja mas.

Menarik sekali ya, ternyata game bisa dimanfaatkan untuk membuat suasana belajar di sekolah jadi makin seru dan murid juga semakin aktif.

Baca juga: Bermain Board Game Sebagai Sebuah Kebutuhan Pokok Diri Sendiri

Buat pembaca yang punya kenalan guru atau kamu sendiri adalah guru yang punya pengalaman menarik saat mengimplementasikan game-based learning atau pembelajaran berbasis game, boleh lho kirimkan tulisannya ke Boardgame.id. Cukup kirimkan ikuti petunjuk yang ada di halaman berikut: Punya Cerita Menarik Tentang Bermain? Yuk Ceritakan di Boardgame.id

Bisa juga kirimkan langsung draft tulisan dan gambar pendukung ke email: [email protected] / [email protected].

You may also like