Tips Bermain Mancala, Nenek Moyang dari Permainan Dakon

Tips Bermain Mancala, Nenek Moyang dari Permainan Dakon

Luasnya wilayah bumi ini membuat berbagai budaya bisa bercampur-aduk. Sebagian besar terjadi berkat jalur perdagangan, tak heran banyak sekali akulturasi budaya yang datang dari negara atau daerah lain, dan kemudian juga berkembang di daerah lainnya. Salah satu yang merupakan hasilnya adalah bermacam permainan tradisional yang ada di Indonesia. Seperti permainan Mancala, yang di negeri kita lebih dikenal dengan istilah Dakon atau Congklak.

Baca Juga: 7 Cara Menggerakkan Bidak Dalam Board Game

bermain Mancala
Rupanya kamu juga bisa bermain Mancala/Dakon dengan kotak telur lho | Sumber: Spruce Craft

Mancala, yang berasal dari bahasa Arab Naqala yang berarti bergerak, sebenarnya merupakan salah satu permainan kuno. Dimana papan permainannya sendiri telah berusia 7000-5000 tahun sebelum masehi saat ditemukan. Karena Dakon mengadaptasi permainan tersebut, jadi kurang lebih cara bermainnya sama. Sebanyak dua pemain akan saling berhadapan dan berlomba untuk mengumpulkan jumlah biji terbanyak, dengan cara mengambil biji dari salah satu lubang dan meletakkannya satu-persatu dengan arah berlawan dari jarum jam (counter-clockwise).

Tips Bermain Dakon/Mancala

Tak bisa dipungkiri, permainan Mancala ini sudah sangat dikenal oleh orang Indonesia. Ya, sebagian besar dari kalian pasti pernah memainkan permainan tradisional ini bersama adik, orang-tua atau teman sebaya kan? Meskipun terkesan mudah dan hanya memiliki satu aksi yang pasti, namun rupanya game ini membutuhkan sejumlah strategi yang cukup matang agar kamu bisa menjadi pemenangnya. Berikut adalah di antaranya:

Mancala
Bermain Mancala
  • Saat meletakkan batu-batu di tangan, pemain juga akan meletakkan batu ke tempat penyimpanan milik sendiri (salah satu dari lubang besar yang berada di sisi kiri dan kanan). Untuk mendapat giliran tambahan, kamu harus bisa menghabiskan batu terakhir tepat di lubang penyimpanan tersebut.
  • Ingin mendapat lebih banyak batu? jatuhkan batu terakhir di tanganmu di salah satu lubang kosong. Efeknya kamu bisa mengambil berapapun jumlah batu di lubang yang berada di seberang lubang kosong tadi. Tapi ingat, jatuhkan batu di lubang kosong yang masih dalam area barisanmu ya.
  • Jika kamu menjadi pemain pertama, pilihlah lubang keempat dari tempat penyimpananmu. Hal ini agar batu-batu tersebut habis tepat di penyimpanan dan membuatmu mendapat giliran tambahan.
  • Di awal permainan, habiskan dulu bebatuan di lubang paling kanan. Karena posisi tersebut persis di sebelah area penyimpananmu, sehingga kamu bisa mendapat poin dan giliran tambahan yang lebih sering.

Nah, itu tadi beberapa strategi yang bisa (dan sebaiknya) kamu lakukan saat bermain Mancala. Wah, rupanya kamu bisa tetap mengasah kemampuan berpikir sambil bermain permainan tradisional ya!

Sumber: Spruce Craft

You may also like