[Resensi] Rhino Hero, Beralih dari Uno dan Jenga!

Super Rhino
Super Rhino

Sudah jelas kalian pasti pernah bermain kartu Uno dan Jenga bukan? Dua permainan ini sempat jadi tren pada masanya dan cukup hadir di beberapa tempat hangout atau kafe sebagai salah satu hiburan bagi pengunjungnya. Uno merupakan permainan kartu yang berorientasi pada warna dan angka, sedangkan Jenga lebih menitik beratkan pada ketangkasan pemain memindahkan balok kayu. Nah, sekarang ada permainan yang lebih menarik dari kedua permainan tersebut, namanya Super Rhino, atau nama lainnya Rhino Hero. Permainan yang ditujukan untuk anak-anak ini dikeluarkan oleh HABA pada tahun 2011 yang lalu. Dengan berbekal komponen yang sedikit dalam kotak yang cukup kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana,  Rhino Hero menyuguhkan permainan yang sangat menyenangkan, apalagi cara permainan yang sederhana dan sangat mudah.

Game contents
Isi kotak permainan

Dalam Rhino Hero, pemain harus membantu Rhino Hero (tokoh fiktif binatang badak yang menjadi pahlawan super) untuk menyelesaikan tugasnya. Anehnya pahlawan badak ini gemar memanjat bangunan dan gedung. Jadi pemain harus membantu pahlawan badak, menjaga bangunan tetap seimbang dan tidak terjatuh dikala Rhino Hero sedang melakukan tugasnya.

[fruitful_tabs type=”accordion” width=”80%” fit=”false”]
[fruitful_tab title=”Informasi Permainan”]

Judul: Super Rhino / Rhino Hero
Game Designer: Scott Frisco & Steven Strumpf
Ilustrasi: Thies Schwarz
Publisher: HABA / Sugorokuya / Swan Panasia
Jumlah pemain: 2-4 orang
Waktu bermain: 5-15 menit
Rekomendasi usia: 5 tahun ke atas

[/fruitful_tab]
[/fruitful_tabs]

Untuk memainkannya, mula-mula lantai dasar bangunan diletakkan di tengah meja dan pemain akan mendapatkan 7 kartu atap. Pemain pertama akan memulai permainan dengan memainkan satu kartu dari tangannya untuk ditempatkan pada bangunan yang berada ditengah meja. Setelah meletakkan kartu atapnya, pemain tersebut harus memasang kartu dinding yang diperlukan, sesuai dengan yang tertera pada kartu yang tadi dimainkan. Kartu-kartu dipasang sedemikian rupa dengan hati-hati agar bangunan tidak goyah dan roboh. Setelah pemain tersebut selesai melakukan gilirannya, giliran pindah ke pemain berikutnya. Akan tetapi, sebelum dia memulai gilirannya dia harus menyelesaikan efek dari kartu yang dimainkan pemain sebelumnya jika ada.

IMG_20151126_154927
Kartu-kartu atap dengan efek-efek tertentu

Efek apa sih? Ya, beberapa kartu atap yang dimiliki pemain memiliki simbol-simbol tertentu. Simbol ini memiliki efek atau kegunaan masing-masing dan selalu berguna untuk mempersulit giliran pemain berikutnya atau membantu pemilik kartu untuk semakin dekat pada kemenangan. Ada simbol yang membuat  pemain berikutnya mengambil kartu tambahan (draw +1), ada yang melompati giliran pemain berikutnya (skip), ada yang mengubah arah permainan (reverse), ada yang memperbolehkan pemain aktif memainkan kartu kedua (double) dan juga memaksa pemain berikutnya memindahkan pion Rhino Hero ke puncak bangunan / kartu atap yang baru saja dimainkan. Dari simbol-simbol ini bisa dikatakan sangat terlihat unsur pemainan Uno dengan beberapa program skip, reverse dan double serta draw +1.

IMG_20150906_151505
Berhati-hati meletakkan kartu dinding

Oh iya, bagaimana cara memenangkan permainan ini? Mudah sebenarnya, ketika pemain memainkan kartu terakhirnya, permainan selesai dan pemain tersebut meraih kemenangan. Nah bagaimana kalo seandainya susunan kartunya terjatuh? Pemain yang menjatuhkannya langsung kalah. Lalu, pemain dengan jumlah kartu atap paling sedikit di tangannya akan memenangkan permainan. Jika jumlah kartu seimbang, pemain dengan jumlah simbol terbanyak pada kartu menang, kalau masih imbang, mereka berbagi kemenangan. Jika kartu dinding habis dan tidak bisa dipasang lagi, permainan juga berakhir.

Pahlawan kita yang gemar memanjat
Pahlawan kita yang gemar memanjat

Dari susun menyusun bangunan, permainan ini mirip Jenga (atau UNO Stacko), bedanya ini menyusun kartu, bukan balok kayu atau plastik dan pemain memulai dari lantai dasar bangungan. Lebih seru mana sih dengan Jenga? Kalau Jenga menggunakan balok kayu, ketika jatuh pasti berisik, ada yang suka karena berisik, tapi ada juga yang memilih tidak terlalu berisik. Masalahnya, biasanya suara berisik balok berjatuhan diiringi oleh teriakan para pemainnya, jadi berisiknya berlebihan deh. Nah kalau permainan ini mungkin yang berisik hanya suara pemainnya.

Semakin menjulang tinggi
Semakin menjulang tinggi

Singkatnya, pasti anak-anak tertarik dengan ilustrasi lucu dari kartu dan pion Super Rhino-nya. Dan karena menyusun kartu sangat menarik untuk siapa saja ketika dimainkan. Ditambah lagi permainannya yang sederhana dan sangat cepat, bisa menjadi menu di sisipan rutinitasmu, pada saat istirahat, menunggu seseorang dan waktu untuk mengisi kebersamaan dengan keluarga. Nah, kalau pemain merasa butuh tantangan lebih, Rhino Hero juga menyediakan 2 jenis pondasi yang bisa dipilih, dengan pilar yang terdiri dari dua kartu atau satu kartu yang lebih sulit.

You may also like