Game Unik, Tetap Akan Selalu Mendapatkan Audiens [REPOST]

Game Unik, Tetap Akan Selalu Mendapatkan Audiens [REPOST]

“I’m pretty sure if a game has something interesting, it will find its public.”

Mungkin anda sekalian akan setuju dengan pendapat dari Yoan Fanise di atas. Content Director dari Valiant Hearts ini mengatakan, bahwa game apapun jika memiliki sisi yang menarik, maka game tersebut akan menjadi terkenal. Valiant Hearts sendiri adalah sebuah game indie pertama dari Digixart yang didirikan oleh Yoan Fanise, setelah memisahkan diri dari Ubisoft.

Game
Ramainya Essen SPIEL tahun 2018. Acara ini juga dimanfaatkan para publisher untuk mempromosikan board game mereka | Foto: Boardgame.id

Hal ini sangat menarik, sebab berhubungan dengan kegiatan marketing. Indie developer sudah pasti akan memilih pasar terfokus (niche) dibanding pasaran (mainstream), dengan cara membuat game yang unik. Memang terkadang meraih pasar niche lebih ampuh dibanding meraih pasar yang mainstream di awal. Bukan berarti pasar niche itu lebih baik secara keseluruhan, sebab baik pasar niche dan pasar mainstream memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca Juga: SPIEL 2018 Dihadiri 190.000 Pengunjung Dari Segala Penjuru Dunia [Kabar SPIEL]

Niche Market Vs. Mainstream Market

Niche adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa prancis yang artinya sebuah lubang kecil, yang biasanya menjadi sarang binatang. Pasar niche adalah sebuah pasar yang sangat terfokus, dan memiliki jangkauan yang tidak luas. Berbeda dengan pasar mainstream yang memiliki jangkauan yang sangat luas.

Kelebihan untuk bermain di pasar niche adalah anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar hanya untuk melakukan kegiatan marketing. Sehingga, anda bisa fokus untuk menaikan nilai brandgame yang anda ingin pasarkan. Berbeda dengan pasar mainstream yang butuh budget yang sangat besar, untuk melakukan kegiatan marketing, akan tetapi profit yang didapat bisa sangatlah besar, karena jumlah pembelian yang juga besar.

Darimana Saya Memulai?

Menentukan target pasar adalah salah satu kegiatan yang sangat menarik. Memulai dari niche atau dari mainstream memiliki tantangan tersendiri. Membuat game yang bagus sudah pasti menjadi sebuah keharusan, akan tetapi apakah game yang bagus tersebut akan otomatis bisa laku? Belum tentu, kecuali jika kita berusaha untuk melakukan kegiatan marketing.

Game
Board game Indonesia di Essen SPIEL 2018 | Foto: Boardgame.id

Berkaca dari pernyataan Yoan Fanise sebelumnya. Sebuah game, jika memiliki sisi yang menarik pasti akan mendapatkan perhatian publik. Sebuah indie developer kemungkinan besar tidak akan bisa mengambil pasar mainstream, sebab fokus pasar tersebut membutuhkan budget yang begitu besar untuk melakukan kegiatan marketing.

Fokus di pasar niche tentu memberikan keuntungan bagi para pengembang indie, sebab tidak perlu mengeluarkan budget yang begitu besar. Bahkan para developer bisa fokus untuk memelihara pasar mereka agar bisa tetap loyal. Hal yang menarik dari pasar niche adalah kita bisa memperlebar pasar tersebut. Pada awalnya video game juga berawal di pasar niche saja, yang akhirnya sekarang menjadi pasar yang mainstream atau memiliki jangkauan yang sangat luas.

Board game juga adalah salah satu contoh yang masih bermain di pasar niche. Seiring berkembangnya zaman dan berkembangnya pasar, bisa saja board game juga akan memiliki pasar yang mainstream. Bahkan saat ini industri board game sudah semakin berkembang, dan semakin diapresiasi oleh masyarakat baik kalangan dalam negeri maupun internasional. Doakan saja!

*artikel ini telah rilis sebelumnya tanggal 21 September 2015 oleh Rizal Ziz.

 

You may also like