Baca Dulu Atau Main Dulu Ya? 7 Board Game Tahun Ini Yang Diangkat Dari Novel

Baca Dulu Atau Main Dulu Ya? 7 Board Game Tahun Ini Yang Diangkat Dari Novel

Memasuki semester kedua tahun 2019, berbagai penerbit dari industri tabletop terus gencar mengirim aneka produk baru ke pasaran. Mulai dari board game, card game hingga miniature game berbagai kategori telah banyak beredar, membuat kita semakin bingung memilih semangat bermain.

Baca Juga: Board Game Berpotensi Tingkatkan Minat Baca, Bagaimana Bisa?

Salah satu genre yang menarik untuk dibahas adalah board/card game yang diadaptasi dari novel. Dilansir dari situs Literary Hub, genre ini menjadi semakin lazim sejak tahun 1960 saat board game adaptasi novel pertama diterbitkan. Beberapa buku terkenal pun sudah masuk di daftar board game seperti The Shining-nya Stephen King hingga Game of Thrones.

Seiring banyaknya kemunculan novel-novel menarik, board game yang mengadaptasi karya sastra ini pun semakin bertambah. Tahun ini, ada setidaknya lebih dari 40 judul board game yang berangkat dari novel lho. Selain Game of Thrones dan Sherlock Holmes, berikut Boardgame.id merangkum board game berbasis novel lainnya yang rilis tahun 2019.

Śladami Phileasa Fogga

Berdasarkan novel: Around The World in 80 Days oleh Jules Verne

Baca

Berlatar petualangan seorang gentleman Inggris Phileas Fogg, kamu ditantang untuk mengelilingi dunia tidak lebih dari 80 hari. Persiapkan dirimu untuk melalui perjalanan singkat ini: membeli tiket kereta, mencari gajah bahkan berjalan kaki saat diperlukan. Selain hanya diberi jatah sebanyak Ā£135, kamu juga harus waspada dengan rintangan seperti bajak laut dan orang lokal yang bisa menghambat rencanamu.

The Scarlet Pimpernel

Berdasarkan novel: The Scarlet Pimpernel oleh Emma Orczy

Baca

Mengusung tema yang cukup berat, siapa sangka novel ini juga akan dirilis menjadi board game. Berlatar kelamnya Revolusi Perancis, kamu adalah anggota Scarlet Pimpernel – kelompok aristokrat Inggris yang harus menyelamatkan orang-orang tidak bersalah yang terkena teror dan hukuman pancung. Selesaikan tujuh misi yang ada untuk memenangkan permainan. Kalau belum siap baca novelnya, bisa nih coba ini dulu.

Hats

Berdasarkan novel: Alice in Wonderland oleh Lewis Carol

Baca

Dari judulnya saja, mungkin kamu sudah menebak kalau game ini bukan bercerita tentang Alice melainkan Mad Hatter si pembuat topi. Cara bermainnya sederhana, sebanyak 2-4 pemain akan berlomba mendapatkan topi paling luar biasa dengan menukar kartu di tangan dengan yang di papan minum teh. Game ini baru akan rilis perdana di Gen Con 2019 Agustus mendatang lho.

Nemo Rising: Robur The Conqueror

Berdasarkan novel: Nemo Rising oleh Courtney Joyner, 20.000 Leagues Under the Sea oleh Jules Verne.

Dirilis oleh WizKids, game ini mengambil kisah petualangan kapten kapal bernama Captain Nemo beserta awak kapal selam Nautilus. pemain akan menjadi sejumlah karakter dalam novel seperti Captain Nemo, Sara Duncan hingga Ulysses S. Grant. Akan dirilis pada bulan September mendatang.

Baca Juga: Abomination, Dalam Game Ini Kamu Bisa Jadi Penerus Victor Frankenstein!

Jonathan Strange & Mr. Norrell: A Board Game of English Magic

Berdasarkan novel: Jonathan Strange & Mr. Norrell oleh Susanna Clarke

Diangkat dari karya berpredikat novel terbaik Hugo Award 2005, game ini mengajak pemain berlomba menjadi pesulap yang paling diakui di Inggris sekaligus berusaha mengalahkan seorang pria misterius. Bagi penggemar game dan suka baca novel tipikal Sherlock Holmes yang berlatar Inggris masa lampau, game ini akan cocok untukmu.

Embers of Memory: A Throne of Glass Game

Berdasarkan novel: Kingdom of Ash oleh Sarah J. Maas

Berjenis co-operative game, kamu akan ditantang menjelajahi jiwa Aelin Galathynius selama ia dikurung di penjara ā€“ sesuai yang digambarkan dalam buku karya Sarah J. Maas ini. Bekerjasamalah menolong ratu muda ini menyembuhkan ingatan dan mengalahkan ā€˜kejahatanā€™ di dalam dirinya, sebelum ia mengalah dari siksaan musuh. Akan rilis perdana di bulan Oktober 2019.

Dilan Tanya Card Game

Berdasarkan novel: Dilan 1990 oleh Pidi Baiq

“Jangan rindu, berat. Kamu nggak akan kuat” sudah baca novel romansa karya anak bangsa ini? buat kamu yang bucin ingin bermain bersama gebetan atau pacar, coba mainkan game seru ini. Secara garis besar, game ini seperti trivia game umumnya dengan kartu pertanyaan. Ada juga kartu tantangan untuk menambah seru permainan. Sst, game ini pun diklaim bisa mengurangi gejala patah hati dan kegalauan. Bisa langsung dibeli di Mizan Store ya.

Jadi, yang mana nih yang bikin kamu penasaran?

You may also like