8 Alasan Mengapa Kamu Harus Rajin Bermain Board Game (Bagian 1)

8 Alasan Mengapa Kamu Harus Rajin Bermain Board Game (Bagian 1)

  • Opini
  • September 27, 2019
  • 215
  • 5 minutes read

Bermain. Siapa sih di dunia ini yang tidak suka kegiatan tersebut? Tampaknya kebanyakan makhluk hidup suka bermain. Bahkan kucing peliharaanmu juga suka diajak bermain kan? Muncul kegembiraan ketika kita bermain. Nah, salah satu kegiatan bermain yang kembali populer saat ini adalah bermain game di atas meja atau biasa dikenal dengan tabletop game atau board game.

Baca juga: Peran board game dalam pendidikan

Beberapa tahun belakangan board game memang cukup menarik minat masyarakat karena terbukti bisa menjadi media pembelajaran yang efektif. Tetapi, apa hanya itu manfaat dari bermain board game? Ternyata tidak, lho. Kali ini Boardgame.id akan menujukkan 8 alasan yang membuatmu merasa bermain board game perlu kamu rutinkan.

Bermain board game menambah kinerja otak

Board game rupanya adalah kegiatan yang baik untuk melatih otak, karena akan menstimulasi daerah otak yang bertanggung jawab atas pemikiran kompleks dan pembentukan memori. Hal ini bisa mengasah kemampuan kognitif kita seperti memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Tak hanya itu, bermain board game juga mengurangi resiko Alzheimer untuk para lansia, lho.

Baca juga:Ā Bermain board game bantu hindarkan terserang penyakit ALzheimerĀ 

8 alasan

Board game mengundang tawa dan mengurangi stres

Pernah melihat pemain board game menangis? Ya, tertawa memang sudah menjadi efek samping dari bermain board game. Bukan rahasia lagi kalau tertawa itu mengurangi stres, seperti pada survey yang dilakukaiĀ RealNetworks.Inc., bahwa 53% orang yang bermain board game memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Hmm, asal jangan merusak board game kesayangannya saja, ya.

Board game menciptakan banyak kebahagiaan

Bermain board game rupanya memicu hormon endorfin yang membuat tubuh kita merasa bahagia secara alami. Nah, emosi positif yang didapat dari hormon bahagia ini mampu meningkatkan fungsi alam sadar dan bawah sadar kita sehingga kita pun merasa terhibur dan puas.

8 alasan

Board game mendekatkan orang dan memperkuat hubungan teman

Tak bisa disanggah lagi, partner sangat dibutuhkan dalam bermain board game ā€“ minimal seorang teman. Hal ini karena kooperasi menjadi dasar dari kegiatan ini. Kapan lagi kamu bisa berpetualang bersama dengan orang baru, teman lama ā€“ bahkan mungkin boss kamu selain di sini?

Nah! itu tadi baru empat dari 8 alasan yang membuat board game patut menjadi salah satu kegiatan rutin kamu. Masih ada empat manfaat lagi lho mengapa kamu perlu merutinkan kegiatan bermain board game. Penasaran? Tunggu di artikel selanjutnya, ya!


You may also like