Temui Sapi dan Domba di Hari Raya Qurban dalam 5 Board Game Ini

Temui Sapi dan Domba di Hari Raya Qurban dalam 5 Board Game Ini

Dalam setahun muslim seluruh dunia akan merayakan dua hari raya. Pertama ada hari raya Idul Fitri dan kedua, hari raya Idul Adha. Kalau Idul Fitri identik dengan mudik dan maaf-memaafkan, sedangkan Idul Adha ya apalagi kalau bukan karena daging dari hasil qurban. Sate sapi, gulai kambing, semua bisa dinikmati di hari itu.

Baca Juga: 5 Board Game Indonesia yang Cocok untuk Para Gamers

Berbicara soal kambing, domba dan sapi, saya pun baru sadar kalau hewan-hewan ini beberapa kali seliweran di board game juga, baik dari narasi atau muncul sebagai karakter dan komponen dalam permainan. Nah, berikut beberapa judul yang ada unsur kambing, domba dan sapi (dan sejenisnya) yang bisa kamu mainkan dalam rangka memeriahkan hari raya.

Sheepland (2012)

Dirilis oleh publisher Italia Cranio Creations, game ini mengambil latar sebuah pulau bernama Sheepland dimana sebagian besar penduduknya adalah gembala. Setiap putaran, ada tiga pilihan aksi untuk setiap pemain yaitu menggerakkan gembala, menggerakkan satu domba atau membeli lahan. Arahkan domba-dombamu ke lokasi yang tepat untuk mendapatkan poin.

Khan of Khans (2016)

Khan of Khans | Foto: Isa R. Akbar/BGID

Berkisah di dunia Glorantha, pemain adalah pemimpin suku (Khan) ditantang oleh pendeta tinggi untuk membawa pulang harta yang paling banyak. Harta yang dimaksud di sini bukanlah uang, melainkan sapi. Dengan empat pilihan aksi, kumpulkan sapi sebanyak mungkin agar kemungkinan mendapat poin tertinggi semakin besar. Oh ya, game keluarga ini juga menarik karena didesain oleh game designer kenamaan Reiner Knizia lho.

Baca Juga: Khan of Khans, Sapi Bisa Membuatmu Jadi Pemimpin Suku Terhebat [Review]

Sheep & Thief (2014)

Game yang didesain oleh Yuichi Sakashita dan diterbitkan oleh Pegasus Spiele ini menantang kamu menjadi gembala domba. Mainkan kartu untuk menambah jumlah domba di papan permainan. Jangan lupa gunakan kartu anjing gembala untuk menggiring kawanan domba kembali ke kandang agar aman dari pencuri. Sheep & Thief tersedia seharga Rp 550.000 di Tokopedia.

El Gaucho (2014)

Sapi
El Gaucho | Foto: BoardGameGeek

Kali ini kita akan jalan-jalan ke Spanyol, tepatnya ke kota Pampa untuk bertemu para gaucho – penunggang kuda handal yang akan membantumu mengumpulkan hewan ternak sebanyak mungkin. Latih gaucho milikmu di rodeo, semakin banyak berlatih maka mereka akan semakin mudah menangkap hewan. Kamu akan menjadi pemenang jika berhasil mengumpulkan sejumlah set tile hewan ternak dan menjualnya.

Si Anak Nakal (2018)

Masih ingat kisah si kancil nakal yang suka mencuri timun? Rupanya cerita ini menjadi inspirasi Mahavira Studio untuk game mereka satu ini. Game ini bercerita tentang si Kancil yang tak lagi puas mencuri timun, kini ia memilih mencuri emas bersama si domba. Namun setibanya di brankas, sang domba ingat bahwa mencuri itu dosa. Akankah si domba berhasil menggagalkan aksi nakal si Kancil?

misi Domba adalah menggagalkan Kancil yang ingin mencuri emas | Foto: Boardgame.id

Buat kamu yang tinggal di kota Bandung, kamu bisa mendapatkan Si Anak Nakal dengan harga Rp 75.000 dengan membelinya secara online lewat Galeri online kami di Tokopedia, Shopee atau menghubungi via Whatsapp lewat tautan berikut: http://bit.ly/salesbgid.

Sumber: BoardGameGeek

You may also like