DIY Membuat Box Board Game Sendiri

DIY Membuat Box Board Game Sendiri

Bagi teman-teman game desainer, pekerjaan mereka tidak selesai hanya pada merancang permainan yang seru. Pada tahap awal, utamanya saat masih mengembangkan prototipe, semua harus dikerjakan sendiri. Mereka harus menyusun rulebook, mencetak dan memotong lembaran kartu (syukur-syukur kalau sudah dipotongin di tempat cetak), juga termasuk menyiapkan kotak alias box untuk menyimpan prototipe.

Cara termudah ya tinggal pergi ke toko dan beli kotak kado, tapi kadang ukurannya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Mungkin kekecilan untuk menyimpan prototipe yang ada atau tinggi dan tebal box tersebut juga kurang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya sih bisa juga order ukuran custom ke mereka, tapi sebenarnya box board game bisa dibuat sendiri lho!

Boardgame.id melansir langkah-langkah membuat box board game yang dituturkan oleh Angelo Fresti di situs analoggames.com. Sedikit catatan, ukuran box yang dicontohkan ini bisa dibilang untuk game kecil, tinggal sesuaikan ukurannya jika ingin membuat box yang lebih besar.

Mari mulai!

Sebelumnya, siapkan beberapa perangkat berikut:

  1. Papan potong / cutting mat
  2. Gunting
  3. Cutter
  4. Pensil
  5. Penggaris besi
  6. Lem
  7. Selotip
  8. Cardboard / karton dengan ketebalan 1mm – 2mm
  9. Gambar untuk ditempel di box dengan kertas poster sebagai cover box

Sudah? Selanjutnya cari template untuk mencari ukuran box yang bisa dipilih atau sesuai selera di situs seperti  Board Games MakerThe Game Crafter, dan Make Playing Cards.

Gunakan teknik scoring menggunakan penggaris besi dan cutter. Caranya, telusuri garis bantu outline dengan cutter tapi jangan sampai terpotong. Hal ini agar memudahkan box bagian bawah dan bagian atas agar nantinya lebih mudah untuk dilipat.

Begitu sudah bisa dilipat, rekatkan tiap sisi dengan selotip.

board game box tutorial
board game box tutorial
board game box tutorial
board game box tutorial

Menempel gambar untuk cover box

Tentunya sesuaikan ukuran gambar dengan ukuran box. Dalam contoh berikut cover akan diganti dengan kertas warna untuk membedakan cover box bagian belakang dan bagian depan.

Mari mulai dari box bagian belakang atau bisa dibilang box bagian bawah. Oleskan lem ke seluruh permukaan box bagian bawah. Lalu tempelkan bagian punggung gambar ke permukaan box. Tekan box secara merata agar gambar semakin menempel.

Selanjutnya lem secara merata cover bagian sayap lalu tinggal tempel dan lipat ujung sayap ke dalam box. Kemudian ulangi untuk sayap-sayap di sisi lainnya. Ulangi juga langkah yang sama untuk box bagian depan atau bagian atas.

board game box tutorial
board game box tutorial
board game box tutorial

Bagaimana? Sudah siap mencobanya langsung di rumah?

Simak juga artikel menarik lainnya tentang board game gratis yang bisa diprint sendiri dan dimainkan di rumah bersama keluarga, kolega dan kerabat di segmen CTRL+P.

Sumber: analoggames.com

You may also like