Banyak Barang Tak Terpakai? Bikin 5 DIY Board Game ini Yuk!

Banyak Barang Tak Terpakai? Bikin 5 DIY Board Game ini Yuk!

Sebagai anak kosan yang tinggal di kamar yang tidak terlalu luas, kadang saya suka pusing dengan banyaknya barang-barang yang ada. Mau dibuang sayang, tapi kalau mau dipakai lagi juga bingung harus dibuat apa. Saya yakin, masalah ini juga dialami oleh banyak orang diluar sana. Banyak barang-barang yang menumpuk di rumah, pada akhirnya disumbangkan atau berakhir di tempat sampah.

Sebagai solusi masalah ini, orang-orang biasanya melakukan DIY atau Do It Yourself alias buatan sendiri. Jadi barang-barang tak terpakai tadi dikreasikan menjadi berbagai barang baru, biasanya menjadi tempat pensil, kertas dekorasi atau bahkan tas belanja. Tapi sebenarnya ide tersebut tidak terbatas di benda-benda tadi lho. Bagaimana kalau membuat board game dengan barang tak terpakai di rumah? tentu bisa! Apalagi kegiatan ini juga bisa dikerjakan bersama anak-anak, jadi cocok jadi pengisi waktu luang di rumah.

Nah, kalau kamu penasaran, berikut beberapa benda sederhana yang bisa disulap menjadi board game. Yuk simak sama-sama!

Ubah Papan Tulis Menjadi Papan Scrabble

board game barang bekas
Papan tulis besar menjadi Scrabble raksasa | Sumber: Jenwoodhouse.com

Mungkin ada di antara kamu mempunyai papan tulis di rumah, yang paling sering dibuat untuk mencatat jadwal atau pelajaran saat les privat. Nah, kalau sudah tidak terpakai kamu bisa lho membuatnya menjadi papan scrabble. Caranya tinggal membuat garis kotak-kotak di area papan yang kamu inginkan, jangan lupa sertakan poin ekstra di beberapa kotak khusus. Untuk hurufnya, kamu bisa tempel kepingan kayu bekas dengan magnet di belakangnya. Kamu juga bisa berkreasi dengan permainan lain, Othello misalnya.

Pakai Wadah Saji Jadi Papan Bermain

board game barang bekas
wadah saji juga bisa jadi board game lho | Sumber: blog.photobookworldwide.com

Meskipun fungsi utamanya adalah memberikan suguhan pada tamu, wadah saji rupanya bisa berubah wujud menjadi sebuah board game. Kamu tinggal melapisi alasnya dengan kertas stiker warna-warni atau kertas bergambar papan permainan sederhana rancangan kamu. Untuk komponenya, gunakan tutup botol yang ditempel batu kecil di atasnya dan jadilah pion pemain! Kalau ada waktu lebih, kamu juga bisa membuat figure dengan clay atau playdough. Agar lebih seru, kamu bisa mengajak anak-anak untuk membuat ini dan langsung memainkannya. 

Kamu Juga Bisa Print Board Game Sendiri Lho

Rantai makanan
Rantai Makanan, board game Indonesia dalam bentuk Print n Play | Sumber: Boardgame.id

Nah kalau ide berikut ini cocok buat kamu yang punya banyak kertas tak terpakai di rumah. Yup, nggak perlu panik kalau tidak punya board game karena kamu juga bisa mencetaknya sendiri di kertas! Seperti salah satu permainan yang bisa digunakan adalah Rantai Makanan yang diterbitkan oleh Ludenara. Ludenara sendiri adalah yayasan yang fokus pada program pembelajaran berbasis game atau game-based learning.

Baca Juga: Cetak Sendiri di Rumah: Tap-tap Covid, Mari Bermain dan Bergerak Bersama

Keping Lego Berserakan? Jadiin Catur Aja!

Papan catur dari Lego | Sumber: Teach Beside Me

Meskipun lego adalah mainan yang seru, namun kepingannya yang banyak terkadang bisa memusingkan. Coba lihat, sudah berapa banyak telapak kaki yang menjadi korban akibat menginjak lego yang berserakan di lantai. Nah, kalau kamu adalah kolektor lego dan punya banyak komponen yang bingung mau diapakan, mending kamu susun saja menjadi papan catur! selain bisa dimainkan, cocok juga lho jadi pajangan cantik di rumah.

Tikar Bekas yang Dicat Ulang, Solusi Main Board Game di Area Terbuka

Tak hanya di dalam rumah, kamu juga bisa membuat sendiri board game yang bisa dimainkan di luar rumah tanpa takut rusak. Caranya adalah dengan menggunakan kain polos atau tikar yang bisa kamu cat sesuai permainan rancanganmu. Gunakan juga batu-batu kecil atau kerang untuk komponen permainan seperti token dan koin.

Nah itu tadi adalah 5 ide permainan yang bisa dibuat dari barang-barang tak terpakai di rumah. Selain bisa mengurangi sampah, kamu juga bisa membuat kegiatan membuat board game ini sebagai stimulasi kreatifitas untuk anak-anak. Kira-kira board game apalagi ya yang bisa dibuat dari barang bekas? yuk berbagi di kolom komentar.

Sumber: Sprucecraft.com

You may also like