Malas Membaca! Warga Indonesia Pilih Cara Lain untuk Pahami Rulebook

Malas Membaca! Warga Indonesia Pilih Cara Lain untuk Pahami Rulebook

Setiap board game yang kita beli atau kita mainkan pasti setiap judulnya punya cara mainnya sendiri. Cara main Uno beda sama Monopoly, dan cara main Monopoly jelas beda dengan puluhan judul board game Indonesia yang ada di Galeri Board Game Indonesia.

Artinya, untuk setiap game baru yang belum pernah kita mainkan, kita perlu tahu cara bermainnya. Dan di setiap kemasan board game selain ada komponen permainan pastinya juga ada buku aturan permainan atau rulebook. Yang namanya buku atau membaca buku, bukan hal yang biasa dilakukan warga Indonesia.

Kalau enggan baca rulebook, lalu bagaimana cara mereka belajar cara main game baru? Ini dia jawaban langsung dari warganet yang sempat melempar ke kolom komentar di salah satu post Instagram @boardgame.id.

1. Nonton video tutorial

Ini wajar, karena dengan menonton video kita juga sambil melihat ada yang mencontohi. Lewat nonton video, bagian-bagian yang dirasa rumit untuk dipraktekkan menjadi lebih jelas.

2. Abis nonton, crosscheck lagi ke rulebook

Kadang memang susah, menangkap dan memahami perintah yang tertulis di buku aturan. Menonton video tutorial memang bisa jadi solusi seperti no. 1. Selesai nonton, melanjutkan membaca rulebook menjadi cara yang cukup ampuh agar kita nggak gampang lupa. Nggak banget kan kalau misalnya abis nonton kemudian main lalu lupa, masa iya balik buka Youtube lagi?

3. Usahanya patut diapresiasi lah ya

Sekali lagi, memahami runtutan rulebook secara baik dan terstruktur itu tidak mudah lho! Bahkan untuk mereka yang pada dasarnya gemar membaca tetap menemukan kesulitan mengerti apa maksud dari aturan dalam rulebook. Kalau sudah dicoba baca tapi mentok ya kembali lagi ke nonton tutorial.

4. Untung ada yang ngajarin langsung

Beruntunglah kalian yang belajar game baru di board game cafe atau memainkan board game punya teman. Karena biasanya game master dan temanmu lah yang akan langsung mengajarkan cara main board game. Tapi jangan lupa disambil baca rulebook juga karena kadang yang ngajarin ada bagian yang terlupa atau malah tidak dijelaskan.

5. Baca sambil praktek

Itu dia cara-cara warga Indonesia belajar cara main board game baru. Kamu punya metode atau kebiasaan lain? Yuk, tulis di kolom komentar di bawah. Jangan lupa juga simak survey kecil lainnya yang mengumpulkan jawaban dari warganet tentang pertimbangan warganet saat memutuskan membeli board game.

You may also like