Perro Loko Games, Penerbit Baru Asal Spanyol Rilis Dua Judul Baru di 2020

Perro Loko Games, Penerbit Baru Asal Spanyol Rilis Dua Judul Baru di 2020

Ada yang bilang, meski sekarang buku atau novel sudah bisa dinikmati dengan perangkat digital seperti Kindle, tetapi buku fisik akan tetap terus ada. Begitu juga dengan board game, banyak board game digital yang rilis di steam maupun Apple Store dan Play Store, namun board game fisik masih banyak yang mencari. Malah belakangan ini muncul banyak penerbit board game baru seperti Perro Loko Games dari Spanyol yang baru berdiri tahun 2019 kemarin.

Mereka muncul dengan membawa Dirty Fridge sebagai lini produk pertamanya ke Kickstarter pada bulan Kuartal keempat tahun lalu. Selama 21 hari, Dirty Fridge berhasil memikat 902 orang untuk membantu mendanai permainan untuk 2-6 orang tersebut. Pada 2 November, penggalangan dana berakhir dan dana yang terkumpul sejumlah €2,468 atau sekitar 41,6 juta Rupiah.

Baca juga: 6 Judul Board Game Baru Rilisan Matagot Asal Perancis di Tahun 2020

Bagi Perro Loko Games, pandemi bukanlah penghalang untuk merilis judul baru. Mereka malah sukses menerbitkan dua lini board game baru pada pertengahan 2020, yaitu SPELL dan Roll & Raid. Berikut penjelasannya:

SPELL

Jumlah pemain: 2 orang
Durasi: 20-40 menit
Rekomendasi usia: 8 tahun ke atas

BIG_1_SPELL

Dalam permainan ini, pemain akan menjadi penyihir yang akan berduel dengan penyihir lain dalam sebuah turnamen untuk memperebutkan permata sakti. Turnamen berlangsung di sebuah istana dengan lantai yang memiliki energi magis. Dengan kata lain, para penyihir akan saling mempertunjukkan kehebatan sihirnya dengan memanfaatkan pola lantai.

Beberapa ilmu sihir baru juga bisa dipelajari selama pertandingan berlangsung. Wasit akan menghentikan pertandingan jika di ronde keenam belum ada penyihir yang berhasil menorehkan 16 luka pada lawan. Selain lantai sihir yang selalu berubah, pemain juga harus bisa membaca rencana lawan dan pasang jebakan untuk membuka peluang kemenangan lebih lebar.

SPELL menawarkan tiga mode permainan, yaitu simetris, asimetris dan mode turnamen. Pilih mode simetris untuk permainan yang lebih adil karena semua penyihir memiliki akses sihir yang sama. Asimetris jika pemain ingin mengasah kemampuan bertanding mereka dengan tambahan empat sihir baru. Atau mode turnamen untuk duel yang lebih cepat namun lebih ganas, cocok untuk para pemain yang sudah berpengalaman.

SPELL dibandrol dengan harga €20 (Rp350.000), tentunya di luar ongkos kirim dan pajak. Unduh rulebooknya (bahasa Inggris) : https://www.perrolokogames.com/en/projects/spell/

Roll & Raid

Jumlah pemain: 1-6 orang
Durasi: 30-90 menit
Rekomendasi usia: 12 tahun ke atas

BIG_1_Roll___Raid_EN

Berbeda dengan board game bertema Viking yang sudah beredar, Roll & Raid hadir sebagai Euro games yang mengusung mekanik roll & write. Permainan berlangsung secara simultan, diawali dengan melempar tiga buah dadu dan setiap pemain bebas menentukan hasil dadu untuk keperluannya masing-masing. Sebagai warga Viking, tentu tujuan pemain adalah mendapatkan Glory Point paling banyak.

Poin bisa didapatkan dengan berbagai cara seperti seberapa banyak Viking yang dikorbankan, seberapa tinggi keimanan memuja dewa-dewa Nordik, poin dari perang dan lain-lain. Perlahan tapi pasti, para pemain akan mendapatkan sumber daya, pasukan hingga kapal untuk menjajah dan merampas kota baru. Saat melakukan penjarahan, para pemain akan menentukan lokasinya masing-masing dan mereka yang memilih lokasi yang sama harus mengorbankan vikingnya dengan cara bidding tersembunyi.

Roll & Raid juga menawarkan varian mode kooperatif dan juga mode solo. Dalam kedua mode tersebut, pemain akhirnya sampai juga ke kota Paris dan ingin menjarahnya. Tentu saja melakukannya bukanlah hal mudah, dimembutuhkan skor yang hampir sempurna untuk bisa memenangkan permainan.

Roll & Raid dijual dengan harga €22 (Rp400.000) di luar ongkos kirim dan pajak. Unduh rulebooknya (bahasa Inggris): https://www.perrolokogames.com/en/projects/roll-raid/

Dari dua judul terbaru Perro Loko Games di atas, mana yang paling membuatmu penasaran untuk mencobanya?

Jangan lupa, Boardgame.id juga memiliki puluhan judul board game Indonesia yang tak kalah seru yang bisa dipesan melalui Tokopedia maupun Shopee. Follow juga Instagram @boardgame.id untuk update menarik lainnya.

You may also like