Mission: Unlock Enoch, Escape Room Internasional Pertama

Mission: Unlock Enoch, Escape Room Internasional Pertama

Pernahkah kamu bermain Escape Room di tahun 2016 kemarin? Escape Room merupakan wahana permainan dimana peserta akan dikunci dalam suatu ruangan dan dalam durasi waktu tertentu pemain harus bisa memecahkan beberapa puzzle yang ada agar bisa keluar dari ruangan tempat kamu terkunci. Biasanya Escape Room ini bisa dimainkan untuk 3 peserta atau lebih.

Scott Nicholson seorang professor dan game designer telah membawa Escape Room ke level yang lebih seru. Professor yang dulu sempat aktif mengulas board game dalam channel youtubenya “Board Game with Scott” ini membuat Escape Room dengan konsep “Quantum Logic” atau Escape Room dengan tambahan petunjuk berupa narasi selama permainan berlansung.

Konsep Quantum Escape Room ini kemudian dipakai oleh Red Bull dengan menggelar Escape Room yang bisa diikuti secara global oleh beberapa negara dengan tajuk “Mission: Unlock Enoch”.

Dalam Mission: Unlock Enoch, para pemain tidak hanya bekerja sama menjadi satu tim dan menyelesaikan puzzle seperti Escape Room pada umumnya, namun dengan kecepatan dan intelejensi tim akan mempengaruhi skor regional dan internasional tim tersebut.

Babak kualifikasi nasional akan diadakan di 20 negara dengan 75 rangkaian acara. Ketika acara seru ini berlangsung, satu tim yang berisi empat orang akan diuji kesanggupannya memecahkan puzzle dalam 20 menit yang menguji strategi, logika, kreativitas serta visual thinking.

Untuk mengikuti tantangan ini peserta harus melewati tiga tahap kualifikasi

Tahap 1: Online – Pecahakan puzzle secepat mungkin sendirian, lalu kamu akan terpilih untuk maju ke tahap regional

Tahap 2: Regional – Rekrut tim yang terdiri dari 4 orang untuk menyelesaikan kubus digital 4 layar dalam 20 menit.

Tahap 3: World Champion – Tim tercepat dari tiap negara akan saling beradu di babak final “Mission: Unlock Enoch” yang akan langsung didesain oleh Prof Scott Nicholson di Budapest, Hungaria bulan Maret 2017.

Baca juga: Kini “Escape Room” Bisa Dimainkan Di Atas Meja

Sayangnya, Indonesia tidak masuk dalam daftar 20 negara di atas. Tapi jangan khawatir, peserta yang negaranya tidak terdaftar bisa mencoba babak Wildcard, yaitu menyelesaikan puzzle secara online. Empat peserta tercepat berhak mendapat tiket Wildcard dan maju ke babak final di Budapest. Babak Wildcard akan ditutup pada 15 Januari 2017.

Keterangan lebih lengkap mengenai Mission: Unlock Enoch bisa dilihat di situs Red Bull berikut:

Tentang Mission: Unlock Enoch: http://www.redbullmindgamers.com/article/20
Pendaftaran: http://www.redbullmindgamers.com/mission/events

You may also like