Kini “Escape Room” Bisa Dimainkan Di Atas Meja

Kini “Escape Room” Bisa Dimainkan Di Atas Meja

Belakangan ini fenomena Escape Room nampaknya sedang menjamur dan tidak hanya di Indonesia saja. Bagi yang belum tahu, Escape Room adalah wahana permainan dimana peserta akan dikunci dalam suatu ruangan dan dalam durasi waktu tertentu pemain harus bisa memecahkan beberapa puzzle yang ada agar bisa keluar dari ruangan tempat kamu terkunci. Biasanya Escape Room ini bisa dimainkan untuk 3 peserta atau lebih.

Walaupun seru dan cukup membuat ketagihan untuk memecahkan puzzle dengan tema ruangan yang berbeda-beda, sayangnya Escape Room ini terasa sangat eksklusif. Biaya yang dikeluarkan per kepala bisa mencapai kurang lebih seratus ribu rupiah. Belum lagi peserta harus menyesuaikan jadwal dengan booking room terlebih dahulu.

Menganggapi fenomena ini beberapa developer board game mulai mencoba membawa Escape Room agar bisa dimainkan di rumah. Berikut 3 Escape Room dalam wujud tabletop games.

1. Escape Room the Game

Dikembangkan oleh Indentity Games, Escape Room the Game dibandrol dengan harga $40. Paket ini bisa dimainkan untuk 2-5 peserta dalam empat ruangan yang berbeda. Terdapat tiga buah amplop untuk setiap ruangan yang masing-masing berisi petunjuk, teka-teki dan beberapa misteri. Jika tim di satu ruangan merasa sudah berhasil memecahkan teka-teki dalam suatu amplop, mereka bisa mencoba memasukkan kunci yang tersedia ke sebuah mesin “chrono decoder” atau sebuah electronic timer. Jika jawabannya tepat mereka boleh memecahkan amplop yang lain, namun jika salah mereka akan dikenai penalti waktu.

Escape Room The GameEscape Room The Game ClueEscape Room The Game Decoder
2. Escape the Room: Mystery at the Stargazer’s Manor

Memiliki misteri yang jawabannya tersembunyi dibalik rondel atau “Solution Wheel”. Permainan dimulai dengan membaca kartu peristiwa yang akan merujuk ke suatu cerita. Setiap teka-teki yang terpecahkan akan memberikan suatu simbol. Simbol ini harus diurutkan atau dicocokkan dengan rondel untuk bisa mengungkap misteri. Escape the Room: Mystery at the Stargazer’s Manor hanya bisa dimainkan dalam satu ruangan, walaupun begitu durasi permainannya kurang lebih 90 menit dan harganya tidak lebih dari $25.

Escape The Room Game Box Escape the Room Components Escape the Room Solution Wheel

3. Escape Room In A Box: The Werewolf Experiment

Permainan Escape Room yang satu ini telah sukses terdanai di kickstarter. Dengan harga $49, Escape Room in A Box ini berisi 19 puzzle dan tiga kunci. Walaupun agak mahal dan hanya bisa dimainkan dalam satu ruangan saja, permainan ini memberikan pengalaman membuka kaleng yang terkuncu atau memecahkan gembok angka selayaknya Escape Room pada umumnya.

Escape Room in a Box

 

You may also like