Ternyata Escape Room Menjadi Tren Baru di Industri Board Game [Kabar SPIEL]

Ternyata Escape Room Menjadi Tren Baru di Industri Board Game [Kabar SPIEL]

Oke, mungkin kita semua sepakat kalau tabletop games jenisnya ada bermacam-macam. Ada dice game, miniature game, board game, card game hingga roleplaying game. Di luar itu ternyata ada tren baru yang bisa dibilang menjadi cabang tabletop game yang baru. Apalagi kalau bukan Escape Room Game.

Escape Room mulai populer beberapa tahun belakangan ini. Eksistensi salah satu bentuk media hiburan yang baru ini ternyata direspon positif oleh masyarakat, sampai muncul Escape Room yang bisa dimainkan sendiri di rumah. Inilah yang disebut Escape Room Game.

Menganut pakem yang sama, Escape Room versi rumahan juga menuntut sekelompok pemain untuk menyelesaikan teka-teki dalam kurun waktu tertentu atau kalau tidak berhasil, (ceritanya) mereka akan terkurung selamanya di lokasi kejadian.

SPIEL’16 lalu genre ini langsung disambut baik oleh banyak penggemar misteri, puzzle yang di dalamnya termasuk para board gamer. Di SPIEL’17 akhir bulan ini, akan ada semakin banyak Escape Room Game yang akan muncul. Ada apa saja? mari lihat menu di bawah ini.

Pertama ada Exit: The Game dari KOSMOS. Tak diragukan lagi game besutan Inka & Markus Brand ini menjadi favorit banyak orang. Buktinya Exit: The Game meraih penghargaan Kenner Spiel des Jahres (Expert Game of the Year) tahun 2017. Total ada 6 seri Exit yang sudah turun ke pasar, menyusul tiga judul lagi yang akan dirilis tahun depan.

Kedua, ada Unlock! yang dirilis oleh Space Cowboys dan Asmodee. Saat ini Unlock! juga memiliki 6 seri yang sudah diterbitkan. Mengambil jalur permainan yang sedikit berbeda, Unlock memerlukan bantuan dari sebuah aplikasi yang tersedia di iOS dan Android untuk menyelesaikan setiap teka-tekinya.

Tak mau ketinggalan mega-tren ini, publisher dV Giochi dan Abacusspiele untuk pertama kalinya menerbitkan seri Deckscape. Berbeda dengan Exit yang hanya bisa dimainakan satu kali dan untuk satu grup saja, Deckscape masih dimainkan berulang kali oleh grup yang berbeda. Selain itu Deckscape juga menawarkan ukuran box yang pas di kantongmu alias pocket size (seukuran Saboteur atau Coloretto).

Selanjutnya dari publisher HCM Kinzel, mereka juga menerbitkan game berjudul Escape the Room: Secret of Dr. Gravely’s Retreat dan Escape the Room: Mystery at the Stargazer’s Manor. Seri game ini dibalut dengan cerita, narasi dan misteri yang menarik untuk diungkap. Uniknya, tersedia empat ending yang bisa kamu capai tergantung bagaimana kamu dan teman-temanmu menyelesaikan teka-teki di dalamnya.

Terakhir yang akan tampil di SPIEL’17 adalah Escape Room: Virtual Reality dari publisher Noris Spiele. Di dalamnya sudah termasuk sepasang kacamata khusus yang akan membuatmu masuk ke dunia maya dengan bantuan aplikasi. Para pemain bisa langsung merasakan diri mereka terjebak di sebuah kapal selam atau di sebuah helikopter yang rusak.

Di antara 5 seri di atas, adakah yang menyita perhatianmu? atau sudah adakah yang pernah kamu mainkan?

You may also like