Suka Kode-kodean? Pecahkan Bareng Kodenya Lewat Game Ini, Yuk!

Suka Kode-kodean? Pecahkan Bareng Kodenya Lewat Game Ini, Yuk!

Berbicara tentang game ‘kode-kodean’ yang populer, kalian pasti langsung teringat dengan sebuah game terbitan Czech Games Edition yang didesain oleh Vlaada Chvatil, Codenames. Nah, ingin variasi baru yang tak kalah menarik? Game satu ini jawabannya!

Berjudul Decrypto, di sini kamu dan pemain lain akan dibagi menjadi dua tim dengan misi sederhana: memecahkan pesan berkode. Setiap tim akan mendapat sebuah layar berisi kantung dengan angka 1-4, tempat pemain menaruh kartu kata kunci (keyword card). Nantinya salah satu anggota tim akan memasukkan kartu tersebut ke kantung, jangan sampai ketahuan tim lawan, ya!

Masuk ke ronde pertama, satu anggota tim akan mengambil dan menunjukkan kartu kode yang berisi hanya 3 digit dari total 4 kode yang ada. Kartu ini berfungsi sebagai urutan kata dalam kantung. Nah, tugas pemain adalah memberi petunjuk berupa kata yang berkaitan dengan kata kunci di dalam kantung – dengan waktu 30 detik saja!

Masih bingung? Jadi contohnya begini: tim A memasukkan 4 kata kunci ke dalam kantung, yaitu pig, candy, tent, dan son. Di ronde pertama, anggota tim mengambil kartu kode yang ternyata menunjukkan angka 4-2-1. Jadi, pemain tadi harus memberi petunjuk agar tim A bisa menjawab sesuai urutan dengan tepat, seperti Sam (nama anak laki-laki), striped (bergaris), dan pink (merah muda).

Untuk ronde kedua sendiri tidak jauh berbeda, hanya saja tim lawan juga harus menebak urutan kode dari kata kunci. Setiap jawaban benar akan dinilai dengan interception token berwarna putih, dan jika salah akan mendapat miscommunication token dengan warna hitam. Game terus berlanjut hingga salah satu tim menjadi pemenang dengan dua token putih, atau kalah dengan dua token hitam.

kode-kodean decrypto

Dirilis oleh Iello, game untuk 3-8 pemain usia 12 tahun ke atas ini berisi 2 layar, 48 kartu kode, 110 kartu kata kunci, 4 interception token, 4 miscommunication token, 50 lembar kertas untuk menulis jawaban, sebuah jam pasir dengan waktu 30 detik, dan sebuah rulebook. Tertarik? Kamu bisa mendapatkan game berdurasi 30 menit ini dengan harga $19.99 (Rp 270 ribu).

Jadi, Tunggu kedatangan game ini di awal tahun depan, ya!

Sumber: ICv2

You may also like