Terobosan Baru! Kini Board Game pun Punya Konsol Game Sendiri dalam Seri 8Bit Box

Terobosan Baru! Kini Board Game pun Punya Konsol Game Sendiri dalam Seri 8Bit Box

Game Console (konsol gim) adalah sebuah perangkat mesin untuk bermain video game. PlayStation 4, atau Xbox One adalah beberapa contoh kosol gim. Biasanya sebuah kaset gim (disc/cartridge) perlu dimasukkan ke mesin konsol untuk bisa memainkannya. Tak lupa setiap konsol gim pasti juga dilengkapi dengan seperangkat controller atau joysticks.

Baca juga: 2 Video Game Eksklusif Sony Playstation Ini Akan Segera Rilis Versi Board Gamenya

Tahukah kamu, kalau konsep konsol gim di atas kini dimanfaatkan oleh sebuah penerbit asal Perancis, IELLO, untuk membuat konsol versi board game. Ya! Pada Essen SPIEL 2018 Oktober lalu, IELLO baru saja mengenalkan konsol board game bernama 8Bit Box.

Sama seperti konsol gim pada umumnya, 8Bit Box hanyalah sebuah mesin perangkat untuk memainkan (board) game yang tersedia. Di dalamnya hanya terdapat controller yang terbuat dari cardboard, puluhan token plastik berbentuk kubus dan sejumlah dadu. Harus ada “kaset” game tersendiri untuk bisa menggunakan perangkat 8Bit Box ini.

Pada saat peluncurannya, Iello telah membekali tiga set game jika kamu membeli 8Bit Box. Ada Pixoid, Outspeed dan Stadium. Ketiga game tersebut memiliki cara bermain yang berbeda. Durasi dan jumlah maksimal pemainnya setiap judulnya pun berbeda.

Isi 8Bit Box
Isi komponen, lengkap dengan tiga judul game bawaan awal

Desain 8Bit Box Mirip dengan Konsol Sungguhan

Setiap game akan memanfaatkan sejumlah komponen tertentu dari 8Bit Box. Contohnya, saat bermain Pixoid pemain hanya memerlukan controller, plus token-token kubus. Di permainan ini dadu tidak diperlukan. Outspeed dan Stadium memiliki keperluan komponen yang lain lagi. Masing-masing kebutuhan dijelaskan pada buku aturan yang ada di setiap judul.

Ngomong-ngomong soal controller, ada tiga bagian penting dalam komponen utama ini. Ada kontrol arah di bagian kiri, kontrol tombol di bagian kanan dan kontrol tengah yang biasa digunakan untuk menentukan jumlah angka atau warna.

Pada saat bermain, controller digunakan untuk memilih aksi secara rahasia. Setiap pemain secara simultan memilih aksi (menggeser pemutar) kemudian meletakkannya secara tertutup. Jika semua pemain selesai memilih aksinya baru semua controller dibuka dan lihat aksi dari masing-masing pemain.

Setiap controller memiliki desain yang berbeda-beda

Kalau kamu perhatikan dengan seksama, kotak penyimpanan controller dan komponen didesain menyerupai mesin konsol pada umumnya. Ada tombol power, tombol eject, soket listrik, audio dan sebagainya.

Menurut Romain Francois, International PR dari IELLO, game-game 8Bit Box selanjutkan akan bisa dibeli ketengan. “Ya! Sangat memungkinkan sekali. Siapapun boleh menyumbangkan ide dan prototypenya untuk lini game 8Bit Box selanjutnya, termasuk game designer asal Indonesia. Karena nantinya judul-judul baru akan dijual terpisah.” Terang Romain saat diwawancarai tim Boardgame.id di Essen SPIEL 2018.

UPDATE!

8Bit Box kini sudah beredar di Indonesia dan dipasarkan dengan harga dikisaran Rp630.000. Hubungi Hobby Indonesia jika kamu mau memesan 8Bit Box. Menurutmu bagaimana dengan terobosan board game yang mengambil konsep konsol ini?

You may also like