Serunya #PlayDayBogor Suarakan Aksi Cegah Adiksi Gawai

Serunya #PlayDayBogor Suarakan Aksi Cegah Adiksi Gawai

Bogor, 27 Januari 2019 Kabogoh (Komunitas Board Game Bogor Hehehe) bekerja sama dengan Komunitas Traditional Games Returns (TGR) mengadakan acara #PlayDayBogor yang bertujuan memperkenalkan dunia board game dan permainan tradisional kepada masyarakat Bogor di Lippo Plaza Keboen Raya Bogor dengan total jumlah peserta mencapai 57 orang.

Eksistensi board games dan permainan tradisional pada era sekarang sudah mulai ditinggalkan, hal ini berbanding terbalik dengan popularitas permainan digital yang semakin meningkat. Bersamaan dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, tanpa sadar mengubah pola gaya hidup anak muda yang erat dengan gawai dimana kini telah beralih fungsi menjadi kebutuhan pokok.

#PlayDayBogor hadir untuk mensosialisasikan manfaat board games dan permainan tradisional sekaligus untuk menyerukan aksi Cegah Adiksi Gawai kepada masyarakat Bogor. Tujuannya tentu agar masyarakat tidak terlalu bergantung pada gawai namun lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

Tersedia banyak board game dan traditional games yang bisa dipilih dan dimainkan oleh pengunjung Lippo Plaza. Pengunjung Mall yang datang akan diajarkan cara bermain permainan yang disediakan oleh anggota Kabogoh dan TGR.

Alvikha Adrian, salah satu pendiri Kabogoh, mengatakan “Kita kerap menemukan banyak orang sedang berkumpul bersama keluarga atau kerabatnya tetapi tidak terjadi interaksi, mereka malah sibuk berkutat dengan gadget masing-masing. Board games ada sebagai media hiburan yang positif, menyenangkan serta edukatif.”

“Dan yang paling penting adalah nilai kebersamaan atau kekeluargaan itu yang ditekankan karena #PlayDayBogor memberikan pengalaman bermain dan sosialisasi dengan cara yang berbeda dari berbagai macam ‘game offline’ lainnya melalui berinteraksi secara langsung dengan pemainnya, sehingga diharapkan dapat mengurangi ketergantungan terhadap gadget.” Tambah Alvikha.

Aghnina Wahdini, selaku founder Komunitas TGR, menambahkan “Sudah jarang ditemui anak-anak, masyarakat kita bermain permainan tradisional seperti congklak, gobak sodor, petak umpet atau lainnya. Mereka menjadi mabuk gawai yang artinya dimana keadaan seseorang yang asyik dengan gawainya sehingga tidak peduli keadaan sekitar.”

“#PlayDayBogor mengajak bermain sambil berinteraksi dengan pemainnya sehingga pemainnya tidak sibuk dengan gawai yang dimiliki. Acara ini juga diharapkan untuk memberikan pengalaman yang mengesankan terhadap board games dan permainan tradisional sehingga anak-anak ingin terus memainkannya” Aghnina melanjutkan.


Tentang Kabogoh (Komunitas Board Game Bogor Hehehe)

Komunitas Board Game Bogor Hehehe atau Kabogoh adalah komunitas yang bergerak di bidang hobi, khususnya permainan papan atau Board Game. Komunitas ini berdiri sejak Agustus 2016 oleh ketika salah satu foundernya, Fikri Azka Nugroho, mengadakan sesi playtesting untuk menguji coba permainan yang sedang ia kembangkan.

Sejak awal berdiri, Kabogoh secara rutin mengadakan acara bertajuk #PlayDayBogor yang ditujukan kepada publik. Melalui acara ini, Kabogoh ingin memperkenalkan board game sebagai sarana hiburan yang tak hanya menyenangkan, tapi juga edukatif. Komunitas ini terbuka pada berbagai macam game yang dimainkan dan juga tingkat kesulitan sehingga komunitas ini terbuka baik untuk yang pemula maupun pemain yang sudah berpengalaman. Saat ini member Kabogoh sudah mencapai 44 orang.

 

Tentang TGR (Traditional Games Returns)

Traditional Games Return Community atau yang lebih dikenal sebagai Komunitas TGR adalah komunitas sosial budaya yang berkonsentrasi pada hak bermain anak khususnya bermain permainan tradisional. TGR bertujuan untuk mensosialisasikan kembali, melestarikan serta mengembalikan antusiasme anak-anak Indonesia terhadap permainan tradisional.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi

Lukman
Kabogoh (Komunitas Board Game Bogor Hehehe)
0812  9710  1302                                                                [email protected]                                                

Dewa Ayu Nandya
Media Relations Traditional Games Returns (TGR)
08777 350 1817
[email protected]

You may also like