Ini Dia, 5 Board Game Yang Cocok Dimainkan di Tablet Bersama Keluarga

Ini Dia, 5 Board Game Yang Cocok Dimainkan di Tablet Bersama Keluarga

Salah satu kesulitan umum bermain board game untuk orang awam, adalah bingung memilih judul apa yang cocok untuk dimainkan bersama keluarga. Hidup di zaman teknologi seperti sekarang, salah satu cara mudahnya adalah bermain board game di perangkat tablet. Ya, rupanya banyak juga board game yang menyertakan edisi digital yang bisa dimainkan di tablet.

Nah, tablet sudah ada, lantas enaknya main apa ya? Berikut 5 judul board game yang bisa dimainkan di tablet bersama keluarga.

Ticket to Ride

Sebagai board game yang ramah anak, game buatan Alan R. Moon ini mengajak pemain membuat rel kereta dengan mengumpulkan kartu dan menghubungkan antara kota. Semakin panjang rel, semakin tinggi score yang kamu dapat, tetapi juga semakin memiliki resiko jalan rel yang kamu buat akan diblok oleh lawan main.

Untuk edisi digitalnya, Ticket to Ride yang dirilis oleh Asmodee Digital ini dapat dimainkan hingga 4 orang atau bersama pemain komputer. Tersedia untuk Android maupun iOS.

Heads Up

Game ini mungkin bukan termasuk board game, tapi sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama keluarga. Masih ingat kan dengan salah satu acara permainan di layar televisi, yaitu Eat Bulaga? Ya, Heads Up kurang lebih mirip seperti itu. Hanya saja cara bermainnya bukan dengan cara teriak-teriak dan dibalas dengan sahutan “ya/tidak” dan “bisa jadi” ya.

board game tablet
Ellen dan Harrison Ford bermain Heads Up | Foto: Ellen DeGeneres Show YouTube

Cara bermain game ini adalah dengan memperagakan apa yang tertulis di layar, dan pemain lain yang memegang tablet di atas kepala harus menebak pesan ingin disampaikan. Oh ya, game ini juga sering muncul sebagai sesi kuis di talkshow populer Ellen DeGeneres lho. Heads Up tersedia gratis di Android maupun iOS.

Baca Juga: Bulan Ini! Catan Segera Sapa Para Pemain Nintendo Switch

Carcassonne

Game buatan Klaus-Jürgen Wrede yang satu ini memang tidak asing lagi di kalangan board gamer. Rupanya Carcassonne juga hadir dalam bentuk digital, dan sangat menarik untuk dimainkan di tablet bersama keluarga.

Di sini kamu ditugaskan untuk membangun sebuah benteng medieval. Nantinya kamu perlu menaruh bidak kamu di atasnya untuk mendapatkan poin. Carcassone dapat dimainkan hingga 5 orang dan tersedia untuk Android maupun iOS.

Scotland Yard

Tablet Board Game

Kamu bercita-cita untuk menjadi seorang detektif? Dalam edisi digital board game jawara Spiel des Jahres 1983 ini kamu bisa menjadi seorang detektif sungguhan untuk mengejar sang penjahat yang juga menjadi lawan main kamu. Gunakan resource yang ada untuk melakukan perjalanan dengan taksi, bus atau kereta.

Setiap resource yang terpakai akan diberikan kepada sang penjahat. Meskipun sang penjahat bisa bergerak kemana saja, tapi si penjahat harus memberi petunjuk di tiap giliran tertentu kepada detektif. Nah, di situlah kamu harus menebak kemungkinan arah penjahat akan kabur. Game ini juga tersedia untuk Android maupun iOS ya.

Baca Juga: Through the Ages Digital: Membangun Negeri Dalam Dua Jam [Review]

Colt Express

Rilis November 2016 lalu, cara bermainnya tak jauh beda dengan edisi board gamenya. Kamu harus mengumpulkan harta dalam setiap gerbong kereta, berhati-hatilah karena ada Sherrif yang selalu siap untuk menangkapmu. Gunakan berbagai aksi untuk melawan bandit lainnya, seperti memukul atau melompat ke atas gerbong untuk merebut harta rampasan.

Untuk game digital ini juga menambahkan story mode baru dengan 6 karakter dan 30 chapter berbeda lho. Untuk bermain bersama teman-temanmu, game ini juga menyertakan fitur online multiplayer. Sudah tersedia juga di Android dan iOS ya.

*artikel ini telah rilis sebelumnya dengan judul “5 Board Game Yang Cocok Dimainkan di Tablet Bersama Keluarga” ditulis oleh Rizal Ziz tanggal 6 Oktober 2015.

 

You may also like