Mengenal Soekarno dan Tokoh Penting Indonesia Lewat Board Game

Mengenal Soekarno dan Tokoh Penting Indonesia Lewat Board Game

Jasmerah: jangan pernah melupakan sejarah. Pernah mendengar kutipan terkenal dari presiden pertama Republik Indonesia ini? Ya, hampir 74 tahun yang lalu, Indonesia pertama kalinya mengumandangkan kata merdeka dan bebas dari serangan penjajah. Sebagai pemimpin, Soekarno dan tokoh proklamator lainnya berjuang keras untuk mendapat kehidupan yang damai.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”

Ir. Soekarno
Soekarno
Sosok Ir. Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia | Foto: Notepam.com

Sebagai pemimpin bangsa, keterlibatan Soekarno dalam merebut kemerdekaan dari penjajah tentu tidak main-main. Bahkan beliau mendapat julukan founding father atau Bapak Proklamator Indonesia. Informasi tentang Soekarno dan nama-nama tokoh penting Indonesia lainnya tentu bisa kamu dapat lewat buku-buku sejarah baik di sekolah maupun di perpustakaan.

Keberhasilan Soekarno hingga berhasil membentuk Indonesia merdeka memang telah banyak dibahas oleh bermacam media. Tapi, pernah tidak kamu membayangkan jika kamu adalah sang presiden, atau bertemu lagi dengan para tokoh kemerdekaan Indonesia?

Soekarno (dan Tokoh Lainnya) dalam Board Game

Nyatanya, ditantang menjadi presiden Indonesia dan merasakan susahnya merebut kebebasan dari negara penjajah bisa kamu rasakan lewat board game. Adalah Mahardika, board game berlatar Indonesia di masa penjajahan dari tahun 1901-1947 yang berkisah tentang perjuangan bangsa merebut kemerdekaan. Nantinya setiap orang harus memilih satu karakter yang merupakan tokoh penting, lalu bekerja sama memukul mundur para penjajah yang dijalankan oleh AI.

Baca Juga: Rio Fredericco, Desainer Mahardika Bicara Soal Game Design [Wawancara]

Mahardika di Essen SPIEL 2018 | Foto: Manikmaya Games

Selain sang presiden pertama, ada enam nama lain yang bisa kamu perankan di permainan ini: M. Hatta, Ki Hajar Dewantara, Tan Malaka, Sutan Syahrir, Sudirman dan Danudirja Setiabudi. Selain bisa menjadi Soekarno, uniknya pemain pun bisa berimajinasi bagaimana jadinya jika Soekarno bukanlah presiden seperti sekarang.

Tak hanya Mahardika, Soekarno dan tokoh lainnya juga bisa ditemui di card game terbitan Mechanimotion, Linimasa: Edisi Kemerdekaan. Lagi-lagi kamu akan diajak berkunjung ke masa penjajahan tahun 1900-an. Ada banyak peristiwa penting yang akan kamu lewati di permainan ini, seperti terbentuknya Budi Utomo, momen pembacaan teks Proklamasi dan lainnya, hingga Indonesia akhirnya sukses meraih kemerdekaan.

Baca Juga: Linimasa Kemerdekaan: Serunya Menyusuri Perjuangan Indonesia [Game of the Week]

Soekarno
Soekarno di komponen kartu Linimasa: Kemerdekaan

Hadir dengan kartu berisi aneka tokoh-tokoh penting Indonesia, pemain ditantang mencari tahu kapan sebuah peristiwa perjuangan terjadi. Game ini juga hadir dengan tiga mode berbeda serta fitur tambahan Augmented Reality (AR), yang bisa kamu gunakan untuk melihat tokoh sejarah dalam bentuk tiga dimensi. Wah, jadi seperti bertemu Ir. Soekarno beneran ya?

Belajar sejarah di zaman sekarang, tidak lagi hanya lewat buku melainkan juga bisa lewat board game. Dengan visual dan gameplay yang menarik, board game bisa jadi alternatif pembelajaran yang menyenangkan untuk semua orang.

Nah, pasti penasaran kan gimana belajar sejarah lewat board game? yuk dapatkan segera Linimasa Kemerdekaan di Galeri Boardgame Indonesia, tersedia di e-commerce Tokopedia dan Shopee. Bisa juga hubungi kami via Whatsapp melalui tautan berikut: http://bit.ly/salesbgid. Selain Mahardika dan Linimasa Kemerdekaan, masih ada banyak lho board game Indonesia yang lain. Yuk cari tahu informasi selengkapnya di halaman Katalog Board Game Indonesia.

You may also like