Splotter Games: Main Board Game Itu Bukan Buang-Buang Waktu [Wawancara – Bagian 2]

Splotter Games: Main Board Game Itu Bukan Buang-Buang Waktu [Wawancara – Bagian 2]

Essen SPIEL merupakan pameran board game tahunan terbesar di Eropa yang diselenggarakan di kota Essen, Jerman setiap bulan Oktober selama empat hari. Pameran ini sudah berumur lebih dari 30 tahun dan karenanya budaya bermain board game di Eropa menjadi budaya dan kebiasaan masyarakat di sana. Di sana kita bisa bertemu dengan banyak orang yang menyukai board game, baik itu keluarga, mahasiswa, orang kantoran termasuk juga ilustrator dan tentu perancang board game.

Bicara soal perancang board game, Boardgame.id mengundang Joris Wiersinga dari Splotter Games ke booth Archipelageek dari BEKRAF sewaktu Essen SPIEL 2019 bulan Oktober lalu. Joris Wiersinga adalah pria yang merancang board game berjudul “Indonesia”, ya judulnya Indonesia.

Baca juga: Splotter Games: Pengaruh Unsur Ekonomi dalam Sebuah Game [Wawancara – Bagian 1]

Kami pun berkesempatan mewawancarai Joris, dan pada bagian kedua ini kami ngobrol tentang banyak orang yang masih beranggapan bahwa bermain board game itu tidak ada gunanya dan hanya buang-buang waktu saja. Joris pun menyangkal, menurutnya justru banyak hal bisa dipelajari dengan bermain board game.

Ia memberi contoh game bisa mengajarkan pemainnya sejarah, geografi, matematika, kerjasama tim, bahkan hingga bisnis serta negosiasi. Apakah kita belajar negosiasi di sekolah? Malah dari game kita bisa belajar bagaimana tawar menawar.

Kemudian kami juga berbincang soal board game Indonesia, kebetulan Joris pernah memainkan beberapa dan Ia memberikan komentarnya. Di penghujung video, Joris juga menyampaikan sedikit wejangan buat para perancang board game di tanah air ini untuk tidak gampang menyerah.

Selengkapnya mari kita simak sama-sama sesi interview bersama Joris Wiersinga bagian kedua berikut ini:

Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) karena atas dukungannya Indonesia bisa unjuk gigi ke pameran board game dunia serta menyediakan booth Archipelageek di mana Indonesia bisa mengenalkan produk-produk board game karya anak bangsa sekaligus ruang untuk mengambil wawancara di atas.

Tonton juga video interview eksklusif Boardgame.id edisi Essen SPIEL 2019 lainnya. Ada video interview kami dengan game designer, penerbit board game dari mancanegara, wawancara dengan blogger asal Jerman dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk like dan subscribe channel Youtube Boardgame.id dan nantikan video-video berikutnya dari kami.

You may also like