Ujicoba Rancangan Board Game di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-74

Ujicoba Rancangan Board Game di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-74

Bandung, 17 Agustus 2019. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-74, beberapa perancang board game Indonesia berkumpul di PlaySpace by Boardgame.id untuk mempresentasikan serta mengujicobakan rancangan board game yang sedang mereka kembangkan.

Dan seperti biasa, sebelum masuk ke sesi playtest, Prototype Day dibuka dengan sesi Bedah Board Game. Topik yang dibahas kali ini adalah Business Craft. Sebuah board game bertema simulasi inovasi bisnis buatan anak bangsa. Dalam sesi ini, Isa Rachmad Akbar selaku salah satu perancang Business Craft bercerita proses pengembangannya mulai dari ide sampai jadi dan dirilis.

Baca juga:OPEN CALL! Daftarkan Rancangan Board Game Terbaikmu Untuk Dipamerkan ke Jerman!

Berlanjut ke sesi playtest, total ada 6 kreator dengan rancangan board gamenya masing-masing di Prototype Day kali ini. Semua rancangan mereka menarik, ada yang bertema lokal seperti dan pula yang mengambil tema permainan kata dan tema fantasi. Berikut sedikit cerita dari setiap karya yang diuji coba .

Draft 36 oleh Rizal Siregar, 2 pemain.

Kedua pemain saling beradu strategi memilih 5 hero dari 36 hero dengan kekuatan uniknya masing-masing. Game ini memiliki variasi strategi yang sangat luas, setiap hero bisa dikombo dengan hero lain yang sejenis atau memanfaatkan kekuatannya untuk membalik keadaan. Kedua playtester cukup menikmati proses pemilihan hero namun masih terasa antiklimaks saat perhitungan kekuatan akhir. Prototype profile dari Draft 36 bisa dibaca di sini.

Sao Sieo oleh Fathiyul Fahmi, 3-4 pemain.

Terdapat dua kerajaan hewan yang awalnya damai, namun pemain menjadi pembuat onar dengan mengadu domba kedua kerajaan tersebut. Menariknya dari permainan ini, setiap pemain diam-diam menjagokan salah satu kerajaan yang akan memenangkan pertempuran. Para playtester terlihat heboh, saling hasut untuk saling mendukung sekaligus saling menjatuhkan. Prototype profile dari Sao Sieo bisa dibaca di sini.

Nusantara Idol oleh Rai Raditya, 2-4 pemain.

Setiap pemain merepresentasikan satu daerah yang ingin tampil dalam audisi pencarian bakat. Jika berhasil mempertunjukkan bakat yang sesuai dengan minat juri dan penggemar, pemain akan mendapat poin popularitas. Saat diuji coba setiap fase pada dasarnya sudah berjalan cukup mulus dengan core yang cukup matang. Tinggal dicari lagi celah-celahnya dengan melakukan playtest sebanyak-banyaknya. Prototype profile dari Nusantara Idol bisa dibaca di sini.

Coffee Crash oleh Rio Fredericco, 3-5 pemain.

Apa jadinya kalau toko kopimu tiba-tiba kedatangan banyak pelanggan? Pemain harus memerintahkan para pekerjanya untuk menyiapkan kopi mulai dari menggiling biji kopi, mengambil air dan susu tanpa bertabrakan dengan karyawan yang lain. Pada dasarnya cara bermainnya sudah cukup solid, namun menurut playtester tinggal ada beberapa teknis yang perlu disesuaikan seperti distribusi poin di setiap pesanan dan tata letak kurang kerjanya. Prototype profile dari Coffee Crash bisa dibaca di sini.

Azimuth: Explore, Settle, Camp oleh Hafidh Muhammad, 1-4 pemain.

Mengusung konsep tile placement, pemain akan mengeksplor kepulauan di Asia Tenggara dengan memasang kepingan heksagonal. Pemain bisa mendirikan pemukiman dan mengklaim poin dari sumber daya yang ada di sekitarnya. Para playtester tertarik dengan kepingan heksagonal yang bisa dijadikan semacam kompas untuk menentukan arah aksi. Prototype profile dari Azimuth bisa dibaca di sini.

Cine: Write & Trade oleh Nomas Kurnia dan Arif Prima Kelana, 2-4 pemain.

Game ini menggabungkan permainan tebak kata dengan trading atau jual beli. Pemain menjadi penulis naskah yang berusaha agar topiknya ditebak oleh pemain lain dengan cara membeli kata inspirasi yang diciptakan oleh pemain lain. Playtester setuju, menggabungkan tebak kata dengan trading ini cukup unik dan menyenangkan di satu sisi, di sisi lainnya durasi permainannya masih terasa panjang. Prototype profile dari Cine: Write & Trade bisa dibaca di sini.

Wah keren-keren ya! Makin banyak calon board game Indonesia yang berkualitas nih. Semoga pengembangan selanjutnya dilancarkan, jangan lupa untuk melakukan playtest sebanyak-banyaknya.

Usai Prototype Day, PlaySpace masih punya agenda seru yaitu main board game bareng dalam acara PlayTime Merdeka. Liputan keseruannya bisa kamu baca di sini.

Untuk dokumentasi foto Prototype Day 3 selengkapnya bisa kamu lihat di album Facebook Page-nya Boardgame.id berikut ini:

Sampai jumpa di Prototype Day bulan September ya!

You may also like