Belajar Sains yang Seru? Board Game Siap Membantu

Belajar Sains yang Seru? Board Game Siap Membantu

Hampir dua dekade sejak pendidikan berbasis STEM (science, technology, engineering and mathematics) diperkenalkan pertama kali di tahun 2001. Kurikulum pembelajaran ini sendiri digagas oleh National Science Foundation, sebuah lembaga di bawah naungan pemerintah Amerika Serikat yang mendukung pendidikan dan penelitian dasar dalam lingkup sains matematika dan ilmu teknik.

Baca Juga: Surat dari T1: Board Game dan Proses Pembelajaran yang Manusiawi

John Hunter – Proses Pembelajaran (World Peace Game) | Foto: humanium.org

Menjadi metode pembelajaran abad 21, bukan berarti STEM tidak menemui hambatan dalam penerapannya. Masalahnya tidak semua orang bisa menangkap banyak informasi dalam jangka waktu lama dan terus-menerus. Harus ada media altenatif yang bisa memunculkan rasa tertarik untuk belajar. Beberapa solusi pun muncul lewat berbagai riset, salah satunya adalah board game sebagai media belajar sains.

Ya, menurut situs Board Games for Learning, board game adalah cara terbaik untuk mempelajari semua pelajaran berbasis sains untuk anak dan dewasa, dari usia pra-sekolah hingga pendidikan tingkat universitas. Riset terbaru dari Irlandia (Cardinot, 2019) juga menyatakan bahwa board game bisa menyeimbangkan tujuan belajar dan permainan.

belajar energi terbarukan lewat board game Akatara | Foto: Boardgame.id

Kedua hal ini seakan menyimpulkan bahwa game atau permainan adalah salah satu cara ampuh untuk memperkenalkan sekaligus memperkuat paham terhadap topik pembelajaran yang cukup sulit. Nah, pelajaran dengan literatur cukup kompleks seperti biologi, fisika dan kimia tampaknya cocok jika diterapkan lewat board game.

Baca Juga: 5 Board Game ini Soroti Kehidupan Ekosistem Laut di Bumi

Dengan board game belajar sains pastinya akan jauh menyenangkan bagi guru, orang tua serta anak-anak. Seperti belajar biologi lewat Cytosis: A Cell Biology Game, memahami proses pertumbuhan dalam Photosynthesis, belajar ekosistem air dalam Aquatico atau mengetahui ragam jenis burung dalam Wingspan yang baru saja menyabet gelar board game terbaik tahun 2019.

Sampai ada pula sekumpulan guru yang berkolaborasi membuat board game bertema Rantai Makanan. Game ini mengajak para pemainnya bagaimana mereka akan bereaksi bila salah satu rantai hilang atau malah bertambah.

Baca juga: Seru! Belajar Biologi Rantai Makanan Lewat Board Game Buatan Sekumpulan Guru

Gimana, tertarik berproses belajar dan mengajar dengan board game?

You may also like