Wah, Rupanya Board Game Mampu Tingkatkan Potensi Minat Baca Lho!

Wah, Rupanya Board Game Mampu Tingkatkan Potensi Minat Baca Lho!

Baca

Sebentar lagi, gelaran pameran board game terbesar dunia Essen SPIEL 2019 akan dilaksanakan. Seperti banyak negara lainnya, Indonesia pun turut berpartisipasi dalam acara super besar ini. Bahkan tahun ini merupakan kali ketiga Indonesia hadir di Essen SPIEL sejak tahun 2017 lalu.

Kembali ke tahun awal board game Indonesia berjaya di SPIEL – tepatnya SPIEL tahun 2017, beberapa board game yang dipamerkan di sana rupanya diadaptasi dari sebuah buku. Salah satunya adalahĀ Sebastian Fitzek Safe House, yang tak lain adalah karya dari novelis Jerman ternama, Sebastian Fitzek bersama desainer Marco Teubner.

Menjadi tamu spesial di SPIELā€™17, Fitzek menjelaskan ketertarikannya dengan board game dan idenya menciptakan board game ā€˜rasaā€™ novel dalam karya pertamanya tersebut. Hmm, kira-kira apa sih yang membuat novelis sekelas Fitzek tertarik membuat board game? Mungkin ini jawabannya.

Board Game Berpotensi Tingkatkan Minat Baca?

Rupanya board game punya potensi luas untuk bisa beradaptasi dengan media manapun, termasuk novel. Hal ini tentu sangat berguna khususnya untuk meningkatkan minat baca anak-anak (yang sering tidak bisa diam dan sangat suka bermain). Tentang hal ini, ada ungkapan menarik yang dikutip dari situsĀ scholastic.com:

ā€œBoard game bisa membantu perkembangan kemampuan anak untuk fokus, dan memperpanjang perhatian anak dengan media yang seru dan menyenangkan.ā€

Merasa familiar dengan kata-kata ini? Tepat sekali, manfaat di atas mungkin juga bisa didapat saat membaca buku. Inilah mengapa board game adalah potensi untuk meningkatkan kembali angka literasi terutama untuk generasi zamanĀ nowĀ yang suka bermain.

Baca
Sebastian Fitzek saat mempresentasikan idenya di Essen SPIEL 2017

Baca juga:Ā Baca Dulu Atau Main Dulu ya? 7 Board Game Tahun ini yang Diangkat Dari Novel

Selain Safe House dari Sebastian Fitzek, novel dari Ken Follet yang berjudul A Column of Fire dan Michael Strogoff karya Jules Verne juga dibuat menjadi board game dan turut di pamerkan di Essen SPIEL 2017 lalu. Beberapa novel grafis sepertiĀ Scott Pilgrim,Ā Tea Dragon PartyĀ dan jugaĀ The Little Prince-pun juga diadaptasi jadi board game.

*artikel ini telah terbit sebelumnya dengan judul “Board Game Berpotensi Tingkatkan Minat Baca, Bagaimana Bisa?” oleh Amalia Cindra tanggal 6 November 2017.

You may also like