Pameran Board Game Kuno? Ada di Museum India ini

Pameran Board Game Kuno? Ada di Museum India ini

Pernahkah kamu berjalan-jalan ke museum? Bagaimana jika benda-benda yang dipamerkan adalah board game? Kembali ke tahun 2017 lalu tepat di awal bulan Mei, Peel Art Gallery Museum and Archives (PAMA) menggelar sebuah pameran spesial yang menampilkan berbagai macam board game tradisional bertajuk “The Art of Kreeda – Board Games of India”.

Baca Juga: Ular Tangga, Permainan Sederhana yang Penuh Makna

pameran
Ludo versi peradaban lembah Indus

Pameran ini juga ditujukan untuk memberikan pandangan berbeda terhadap board game. Pameran ini mempertunjukkan board game-board game kuno seperti  Catur dan Ular Tangga. Hingga ludo dengan bidak-bidak unik yang berasal dari peradaban lembah Indus.

Adapun kurator dari pameran ini adalah Raheel Patel (37). Ia berkata bahwa board game memiliki daya tarik universal yang melampaui bahasa dan budaya. “Art of Kreeda” berarti “seni bermain”. Pameran ini menghibur, mendidik dan memberi penghormatan kepada permainan papan ikonik yang diperkenalkan India ke seluruh dunia. Wah, pameran yang keren ya!

pameran
Catur versi peradaban lembah Indus

Pameran di museum India ini memang sudah berlalu, tapi ada lagi yang tak kalah seru yang akan hadir akhir Oktober ini. Apalagi kalau bukan SPIEL 2019 yang diadakan di Messe Essen, Jerman pada 24-28 Oktober 2019 mendatang. Menariknya lagi, sebanyak 20 judul board game asli Indonesia akan hadir di ajang board game terbesar dunia tersebut, berkat kerjasama Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI).

Sumber: Brampton Guardian

*artikel ini telah terbit sebelumnya dengan judul “Museum ini Tampilkan Berbagai Macam Board Game Tradisional India” oleh Vagansza tanggal 29 Juni 2017.

You may also like