3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia

3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia

Tak bisa dipungkiri, depresi dan gangguan mental lainnya menjadi masalah dunia. Karenanya performa manusia dalam berkreasi atau bekerja bisa menurun, dan yang paling parah mungkin berujung bunuh diri. World Health Organization dan World Federation of Mental Health lantas sepakat menjadikan 10 Oktober menjadi Hari Kesehatan Mental Sedunia sedari 27 tahun yang lalu.

Dr. Alberto Trimboli, Presiden dari World Federation for Mental Health menulis surat untuk pemerintah dunia yang berisi harapan agar masalah terkait bunuh diri bisa lebih diperhatikan pemerintah.

Perilaku bunuh diri sudah ada sepanjang sejarah manusia, tetapi karena beberapa faktor kompleks, perilaku ini telah meningkat secara bertahap di seluruh dunia, dan dalam beberapa dekade terakhir, telah mencapai tingkat statistik yang mengkhawatirkan, “tulis Trimboli.

“Membuat orang berbicara tentang suatu subjek yang cenderung tabu dan tentang bagaimana banyak orang berpendapat salah dan berprasangka akan membantu masyarakat untuk belajar tentang faktor-faktor risiko sehingga mereka dapat mengidentifikasi dan belajar untuk mengatasinya.” tutupnya.

Kita sadar menyadari bahwa menjaga kesadaran kesehatan mental itu penting, mungkin jadi akan semakin bermakna bila kita juga bisa berbuat sesuatu. Berikut adalah tiga cara kamu dapat berpartisipasi dalam Hari Kesehatan Mental Sedunia pada tahun 2019 baik di rumah, di tempat kerja ataupun di dunia maya.

1. Mengenakan Pita Hijau

Pita hijau untuk hari kesehatan mental sedunia
Pita hijau | Foto: Shutterstock

Selayaknya mengenakan pita merah muda sebagai simbol internasional untuk breast cancer awarness, pita hijau berfungsi sebagai simbol internasional untuk mental health awarness, menurut United Kingdom Charity Mental Health Foundation. Pita hijau pastinya kamu bisa membuatnya sendiri kan? Tapi kalau ingin berdonasi lebih, kamu bisa membeli pita hijau yang dijual oleh Mental Health Foundation seharga Rp35.000. Hasil penjualan tersebut akan mendanai pekerjaan amal mereka.

2. Menyaksikan dan Membagikan Video

Jika kamu lebih aktif di dunia maya dan sosial media, bantu sampaikan berita tentang Hari Kesehatan Mental Dunia dengan membagikan video World Federation of Mental Health mengenai tujuan global. Video di atas menjelaskan bagaimana Hari Kesehatan Mental Sedunia bertujuan untuk memberdayakan dan mendidik orang untuk mendukung orang lain sementara juga mendorong para politisi untuk berinvestasi dalam menciptakan kebijakan kesehatan mental yang lebih baik dan menciptakan komunitas yang terbebas dari stigma.

3. Ajak Teman dan Keluargamu Bermain Board Game

Main board game di acara #RePlay oleh Into the Light Indonesia | Foto: Into the Light Indonesia

Seperti yang dilakukan oleh Into the Light Indonesia, sebuah komunitas yang peduli dan fokus terhadap pencegahan bunuh diri baru saja menggelar sesi bermain board game. Sesi tersebut adalah inti dari #RePlay yang merupakan satu dari rangkaian acara Suicide Prevention and Mental Health Awareness Festival atau #ReFest.

Menurut mereka, bermain board game bisa menjadi aktivitas positif yang dapat melepas penat dan dapat menjadi cara self-care yang dapat menjaga kesehatan jiwa diri sendiri. Maka dengan mengajak teman dan keluargamu bermain board game, artinya kamu sudah mengajak mereka untuk perlahan menjaga kesehatan mental mereka.

Baca juga: Main Board Game Juga Baik Untuk Kesehatan Jiwa

“Main board game itu banyak manfaatnya seperti melepas stress, menjauhkan dari dementia/pikun, dan itu penting untuk membantu menjaga kesehatan mental agar jiwa kita tetap sehat juga,” ujar Kevin Sucianto dari Into the Light Indonesia.

Kamu bisa ikut bermain board game bersama Boardgame.id tanggal 18 Oktober mendatang di Bandung dalam acara PlayTime Party, hubungi kami melalui Whatsapp untuk keterangan lebih lanjut. Yuk sebarkan pesan positif ini untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia

You may also like