Taiwan Boardgame Design: Distribusi Adalah Bagian Paling Sulit [Bagian 2]

Taiwan Boardgame Design: Distribusi Adalah Bagian Paling Sulit [Bagian 2]

Essen SPIEL merupakan pameran board game tahunan terbesar di Eropa yang diselenggarakan di kota Essen, Jerman setiap bulan Oktober selama empat hari. Pameran ini sudah berumur lebih dari 30 tahun dan karenanya budaya bermain board game di Eropa menjadi budaya dan kebiasaan masyarakat di sana. Di sana kita bisa bertemu dengan banyak orang yang menyukai board game, baik itu keluarga, mahasiswa, orang kantoran termasuk juga, komunitas, ilustrator dan tentu perancang board game.

Baca juga: Taiwan Boardgame Design: Pentingnya Rutin Membuat Sesi Playtest [Bagian 1]

Pada Essen SPIEL 2019, Boardgame.id berkesempatan untuk mengundang Smoox Chen dari Taiwan Boardgame Design (TBD). Hampir sama dengan Indonesia dengan booth Archipelageek dari BEKRAF, TBD juga mengumpulkan penerbit-penerbit dari Taiwan dalam satu booth.

Dalam wawancara bagian kedua ini, kami membahas bagaimana TBD melakukan ini semua, mengumpulkan penerbit dan sebagainya. Lalu kami juga membahas tentang peliknya distribusi board game, apalagi dari negara di mana board game tidak sepopuler di Jerman.

Selengkapnya, yuk mari kita saksikan wawancara bagian kedua bersama Smoox dalam video berikut ini:

Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) karena atas dukungannya Indonesia bisa unjuk gigi ke pameran board game dunia serta menyediakan booth Archipelageek di mana Indonesia bisa mengenalkan produk-produk board game karya anak bangsa sekaligus ruang untuk mengambil wawancara di atas.

Tonton juga video interview eksklusif Boardgame.id edisi Essen SPIEL 2019 lainnya. Ada video interview kami dengan game designer, penerbit board game dari mancanegara, wawancara dengan blogger asal Jerman dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk like dan subscribe channel Youtube Boardgame.id dan nantikan video-video berikutnya dari kami.

You may also like