Taiwan Boardgame Design: Pentingnya Rutin Membuat Sesi Playtest [Bagian 1]

Taiwan Boardgame Design: Pentingnya Rutin Membuat Sesi Playtest [Bagian 1]

Essen SPIEL merupakan pameran board game tahunan terbesar di Eropa yang diselenggarakan di kota Essen, Jerman setiap bulan Oktober selama empat hari. Pameran ini sudah berumur lebih dari 30 tahun dan karenanya budaya bermain board game di Eropa menjadi budaya dan kebiasaan masyarakat di sana. Di sana kita bisa bertemu dengan banyak orang yang menyukai board game, baik itu keluarga, mahasiswa, orang kantoran termasuk juga, komunitas, ilustrator dan tentu perancang board game.

Baca juga: Matt Leacock: Board Game Sebagai Alat Komunikasi [Exclusive Interview]

Pada Essen SPIEL 2019, Boardgame.id berkesempatan untuk mengundang Smoox Chen dari Taiwan Boardgame Design (TBD). Dibandingkan dengan Indonesia, Taiwan hanyalah pulau kecil namun banyak sekali orang-orang yang antusias dengan board game. Bahkan beberapa dari mereka semangat untuk menjadi perancang board game.

Smoox bisa dibilang sebagai perintis Taiwan Boardgame Design, Ia yang memulai mengadakan sesi playtest ngumpul reguler bersama dengan para kreator. Nah! Saat kami mewawancarai Smoox, kami membahas bagaimana awal mula komunitas board game di Taiwan bisa tumbuh hingga menjadi dikenal seperti sekarang ini. Salah satunya karena adanya sesi playtest atau uji coba prototipe secara rutin.

Berarti Boardgame.id sudah berada di jalur yang benar karena kami memiliki Prototype Day yang berlangsung satu bulan sekali untuk mempertemukan kreator dengan para playtester.

Selengkapnya, yuk mari kita saksikan wawancara bagian pertama bersama Smoox dalam video berikut ini:

Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) karena atas dukungannya Indonesia bisa unjuk gigi ke pameran board game dunia serta menyediakan booth Archipelageek di mana Indonesia bisa mengenalkan produk-produk board game karya anak bangsa sekaligus ruang untuk mengambil wawancara di atas.

Tonton juga video interview eksklusif Boardgame.id edisi Essen SPIEL 2019 lainnya. Ada video interview kami dengan game designer, penerbit board game dari mancanegara, wawancara dengan blogger asal Jerman dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk like dan subscribe channel Youtube Boardgame.id dan nantikan video-video berikutnya dari kami.

You may also like